MPR Minta Pemda Konsisten Tegakkan Aturan Bagi Wisatawan Asing

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 14 Maret 2023 | 09:10 WIB
Lestari Moedijat/MPR
Lestari Moedijat/MPR

SinPo.id -  Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) meminta pemerintah daerah (pemda) konsisten menegakkan aturan bagi para wisatawan asing.

Ketegasan pemda penting untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan, serta keberlanjutan pengembangan kawasan wisata menjadi lebih baik.

"Penindakan berbagai pelanggaran aturan di daerah tujuan wisata yang ramai dengan wisatawan harus konsisten untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan serta keberlanjutan pengembangan kawasan wisata di daerah menjadi lebih baik," kata Rerie dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, 13 Maret 2023.

Ini disampaikan Rerie menanggapi banyaknya pelanggaran yang dilakukan wisata asing di Bali.

Bahkan berdasarkan catatan Polda Bali, ada 171 WNA yang melanggar ketertiban lalu lintas sejak razia pada akhir Februari hingga awal Maret 2023.

Menurut Rerie, kasus di Bali harus menjadi pelajaran bagi sejumlah daerah tujuan wisata lainnya di Tanah Air. Penegakkan sejumlah aturan harus konsisten bila terjadi pelanggaran demi mewujudkan ketertiban.

"Tertib dan nyamannya satu daerah merupakan suatu daya tarik dari suatu kawasan wisata," ucap Rerie.

Para pemangku kepentingan di daerah, kata anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah ini, harus konsisten menyosialisasikan pentingnya mematuhi aturan demi mewujudkan ketertiban agar para wisatawan yang datang ke daerah itu dapat berwisata dengan nyaman dan aman.

Rerie berharap target mendatangkan 7,4 juta wisatawan mancanegara tahun ini tak melonggarkan penegakan aturan di sejumlah kawasan wisata di Tanah Air.

Dia sangat berharap destinasi wisata di Indonesia dapat menjadi pilihan utama wisatawan mancanegara bukan karena keindahannya semata, melainkan karena aman dan nyamannya berbagai fasilitas pendukung pariwisata yang ada.sinpo

Komentar: