Kelakuan WNA di Bali Meresahkan, DPR: Penegakan Hukum Harus Dilakukan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 14 Maret 2023 | 13:39 WIB
Wakil Ketua DPR, Dasco/SinPo.id
Wakil Ketua DPR, Dasco/SinPo.id

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI, Dasco, menegaskan akan melakukan penegakkan hukum terkait dengan kelakuan warga negara asing (WNA), saat berkendara dengan motor sewaan di Bali.

"Untuk WNA di Bali kita akan lakukan penegakan hukum, soal pengaman lalu lintas supaya ditegakkan disanaa sesuai peraturan dan juga sesuai dengan kearifan lokal," kata Dasco, di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa 14 Maret 2023.

Pasalnya, ditemukan banyak wisatawan mancanegara di Bali yang melanggar aturan lalu lintas, mulai dari tidak mengenakan pakaian saat berkendara, tidak menggunakan helm, hingga tidak memiliki lisensi untuk berkendara.

Di samping itu, Dasco juga telah menemui kepala desa di Bali yang mengeluarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada WNA, dalam kunjungan kerjanya ke Bali. Namun kasus tersebut saat ini sedang diproses oleh penegak hukum.

"Saat ini sedang diproses penegak hukum, karena ini banyak semacam modus atau sindikat baru di Bali," katanya menambahkan.

Sementara itu, penyidik Polda Bali hingga saat ini masih mendalami dugaan pemalsuan dokumen yang dilakukan oleh WNA asal Suriah dan Ukraina yang memiliki KTP Indonesia, dan resmi dikeluarkan oleh Dinas Pendudukan Catatan Sipil Kota Denpasar.sinpo

Komentar: