Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Modus Penipuan Link Update SATUSEHAT Mobile di WA

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 14 Maret 2023 | 16:17 WIB
Pengguna yang mengalami kendala atau masalah lain terkait aplikasi SATUSEHAT dapat menghubungi nomor WhatsApp resmi Kemenkes/Dok. Kemenkes
Pengguna yang mengalami kendala atau masalah lain terkait aplikasi SATUSEHAT dapat menghubungi nomor WhatsApp resmi Kemenkes/Dok. Kemenkes

SinPo.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat agar hati-hati dengan modus penipuan berupa pencurian data melalui nomor WhatsApp yang mengatasnamakan Kemenkes. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, baru-baru ini pihaknya telah menerima laporan penipuan lewat nomor WhatsApp yang mengatasanamakan Kemenkes, berisi link update SATUSEHAT Mobile. 

"Alih-alih memperbarui aplikasi SATUSEHAT, link tersebut justru mencuri password atau data yang tersimpan di ponsel pengguna. Diketahui WhatsApp penipuan itu bernomor +6285961004844," kata Siti Nadia dalam keterangan resmi Kemenkes RI, Selasa 14 Maret 2023. 

Kemenkes mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati, terlebih pelaku penipuan tersebut bisa menggunakan banyak nomor dalam menjalankam aksinya. 

"Masyarakat diimbau hati-hati bila menerima pesan dari nomor tersebut. Bahkan boleh jadi pengirim pesan penipuan itu menggunakan banyak nomor," ucapnya. 

Ia menjelaskan, untuk mencegah modus tersebut, masyarakat diminta untuk tidak membuka link terkait update SATUSEHAT, dari nomor yang tidak dikenal dan tidak terverifikasi centang hijau. 

"Sebab, secara prosedural Kementerian Kesehatan tidak pernah mengirimkan link update SATUSEHAT secara personal melalui WhatsApp," jelasnya. 

Siti juga mengatakan, update SATUSEHAT Mobile diproses secara otomatis atau manual melalui Play Store atau App Store. Sementara untuk nomor WhatsApp Kemenkes adalah 0811 10 500 567 dengan centang hijau.

Lebih lanjut, Siti mengatakan, aplikasi SATUSEHAT memang sempat mengalami eror sebelumnya. Hal itu terjadi karena gangguan login bagi sebagian pengguna yang tidak mendapatkan OTP. 

"Masalah itu terjadi karena adanya peningkatan akses atau traffic aplikasi secara bersamaan. Saat ini kendala terkait Aplikasi SATUSEHAT berangsur normal dengan dikeluarkannya versi terbaru (5.2.1)," ucapnya. 

Pengguna yang mengalami kendala atau masalah lain terkait aplikasi SATUSEHAT dapat menghubungi nomor WhatsApp resmi Kemenkes (0811 10 500 567 dengan centang hijau), email [email protected], atau Direct Message di media sosial SATUSEHAT Mobile, di Twitter @SATUSEHAT dan Instagram @satusehat_id. sinpo

Komentar: