Dirut Pertamina: Pemindahan Depo Pertamina Plumpang Ganggu Pasokan Listrik di 790 SPBU

Laporan: Sinpo
Rabu, 15 Maret 2023 | 06:53 WIB
Nicke Widyawati/net
Nicke Widyawati/net

SinPo.id -  Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pemindahan secara mendadak Depo Pertamina Plumpang dapat mengganggu pasokan listrik di 790 SPBU di 19 kota dan kabupaten. Supaya insiden kebakaran tak berulang, kata Nicke Pertamina bersama pemerintah mengusur bufferzone yang saat ini diduduki oleh masyarakat. 

"Kalau kita bangun terminal baru butuh waktu 4 -5 tahun kemudian. Jadi kalau ditanya apakah warga yang direlokasi atau terminalnya? Warga di sini yang dimaksud buffer zone, karena terminal plumpang gak bisa ditutup karena berpengaruh pada ketahanan nasional," kata Nicke dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI, Selasa 14 Maret 2023. 

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir meminta Pertamina segera merelokasi fasilitas operasi plumpang ke wilayah yang lebih aman agar tak menjadi persoalan kembali di kemudian hari. Rencananya, Erick meminta Pertamina memindahkan depo tersebut ke lahan milik PT Pelindo (Persero) di Kali Baru, Clincing.

Untuk sementara, menindak lanjuti arahan Menteri BUMN Erick Thohir memindahkan depo plumpang ke Terminal milik Pelindo, Pertamina membangun depo di wilayah Pelindo namun dengan kapasitas di bawah kapasitas depo plumpang.

"Sebagian akan dipindahkan. Tidak ada relokasi depo, tetapi adanya membangun baru dengan down size yang sudah ada," kata Nicke.sinpo

Komentar: