Satgassus Polri Tinjau Proyek Rumah Sakit dan Jalan di Klungkung, Bali

Laporan: Pimred
Kamis, 16 Maret 2023 | 16:39 WIB
Koordinasi antara Satgassus Polri, PT.SMI dengan Pemda Kabupaten Klungkung
Koordinasi antara Satgassus Polri, PT.SMI dengan Pemda Kabupaten Klungkung

SinPo.id - Satgassus Pencegahan Tipikor Mabes Polri yang dipimpin oleh Harun Al Rasyid, bersama Andre Dedy Nainggolan, Panji Prianggoro dan Qurotul Aini Mahmudah melakukan pemantauan sejumlah pembangunan proyek infrastruktur di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Pemantauan dilakukan bersama dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang dipimpin oleh Erdian Dharmaputra, Ferryson Jaya Pasaribu, Muhammad Akbar, Ery Artito, Garin R. Damarafi dan Bayu Wicaksono Pangestu.

Hadir mendampingi Tim Satgassus pada saat melakukan pengawasan dan monev selain Tim dari PT.SMI adalah Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, dan Pemkab antara lain Direktur RSUD Klungkung dr. I Nengah Winata beserta wakilnya dr. I Wayan Swatama, dan Kepala Bidang Penunjang Non Medis, Suwira. Sedangkan di Nusa Penida Tim Satgassus didampingi antara lain oleh Kadis PU, I Made Jati Laksana, Kepala Bidang Bina Marga/PPTK, I Gede Merta Jaya.

Proyek tersebut berhasil melancarkan program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) pasca Covid 19, karena dalam pengerjaannya melibatkan banyak warga sekitar. Pemanfaatannya tergolong optimal, sebab jalan yang dibangun merupakan jalan yang banyak dilalui sebagai jalur ekonomi serta pariwisata di Nusa Penida.

Penugasan khusus dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Satgassus untuk terus menggiatkan kegiatan pengawasan dan monev atas proyek-proyek yang dibiayai dari pinjaman PEN dimaksudkan agar upaya untuk pemulihan ekonomi nasional yang sempat terpuruk karena Covid 19 bisa segera pulih. Sehingga perekonomian masyarakat terus melaju, dan proyek-proyek yang ada bisa segera dimanfaatkan karena telah diselesaikan. 

Beberapa proyek yang menjadi sasaran pemantauan, monitoring serta evaluasi yakni:

1. Kegiatan Sektor Infrastruktur Kesehatan dengan Nilai total Rp 36.588.279.616 yang terdiri dari beberapa kegiatan 

a) Rehabilitasi dan Pemeliharaan Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Klungkung senilai Rp17.923,051.050  yang terbagi atas Pembangunan Gedung Rawat Inap Interna senilai Rp12.679.808.000 dan Pembangunan Gedung Pengembangan Perawatan Bedah senilai Rp4.770.137.000

b) Pengadaan Prasarana dan Pendukung Fasilitas Pelayanan Kesehatan senilai Rp2.987.793.520 dan

c) Pengadaan Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan senilai Rp15.677.435.045

2. Kegiatan Sektor Infrastruktur Beberapa Jalan di Nusa Penida Kabupaten Klungkung yang terdiri dari:

a) Peningkatan Jalan Penangkitan-Pasir Uug dengan nilai kontrak Rp8.100.692.469

b) Peningkatan Jalan Mentigi-Geria Tengah  dengan nilai kontrak Rp7.382.586.036

c) Peningkatan Jalan Behu- Bunga Mekar dengan nilai kontrak Rp1.980.792.000

d) Peningkatan Jalan Kutapang-Maos dengan nilai kontrak Rp1.596.970.000.sinpo

Komentar: