Festival Film Bertajuk 'WLFF 2023' Akan Mengusung Masalah Sampah

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 16 Maret 2023 | 23:19 WIB
Konferensi pers WLFF 2023/Tim Media
Konferensi pers WLFF 2023/Tim Media

SinPo.id -  Navakara berkolaborasi dengan Perum  Produksi Film Negara dan Gerakan  Indonesia Diet Kantong Plastik menyelenggarakan sebuah festival film  bertajuk Waste Less Films Festival (WLFF).

Festival ini digelar sebagai upaya mengatasi permasalahan sampah di  Indonesia yang semakin hari semakin menggunung, baik sampah rumah tangga maupun sampah industri.

Adapun kegiatan pertama dari rangkaian acara WLFF akan diawali dengan workshop pembuatan film pendek yang  akan berlangsung tanggal 18 hingga 19 Maret 2023, pukul 07:30 hingga 17:00 WIB yang disiarkan secara daring di Gedung Kemenko Bidang  Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Nantinya para peserta akan belajar  tentang proses pembuatan film pendek,  dimulai dari perencanaan praproduksi, pelaksanaan di masa produksi, dan hal-hal penting pasca produksi.

Di samping informasi tentang lingkungan sebagai prasyarat tema pembuatan film  pendek, peserta juga akan diajari tips  dalam public speaking and engagement  guna membantu peserta menjadi lebih fasih, luwes dan penuh percaya diri, terutama saat memperkenalkan film-film hasil karya mereka.

"Festival film Waste Less Films Festival (WLFF) ini ditujukan untuk semakin membangun kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap lingkunganya melalui visual yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat," kata Tjandra Wibowo, Selaku Direktur Produksi Film Negara (PFN), secara virtual, Kamis, 16 Maret 2023.

Workshop ini juga akan diisi sejumlah pakar dan tokoh perfileman nasional antara lain: Sutradara Eugene Panji (“Cita-citaku Setinggi Langit”, “22 Menit”), 

Sutradara-Produser Lianto Luseno  (“Nyanyian Sunyi”, “Cerita Dari Tanah Bencana”), Komposer musik kontemporer  Thoersi Argeswara (“Trilogi Merah Putih”,  “Para  Pencari  Tuhan”).

Produser Reza Yusuf  (“Jaelangkung”,  “Vina  Bilang  Cinta”), Kreatif  Ryan  Mintaraga (“Ekspedisi PAMSIMAS  2019”, “Misteri Bawah  Laut”), serta Ursula  Tumiwa (Dewan Penasihat Minikino Short Film Festival).

Workshop tersebut adalah prasyarat untuk mengikuti kompetisi film pendek bertema lingkungan WLFF 2023.

Peserta mempunyai waktu untuk berkreasi sebelum mengikutsertakan film pendek karya mereka pada Mei 2023.

Adapun 10 film pendek finalis akan diputar selama berlangsungnya kegiatan akhir WLFF 2023 pada Juni 2023 nanti.

Selanjutnya, 3 pemenang film terbaik yang terpilih akan mendapatkan beragam hadiah dan juga piala.

Selain penayangan film-film hasil peserta workshop, WLFF pada Juni nanti juga menayangkan berbagai film bertema lingkungan produksi nasional maupun internasional.sinpo

Komentar: