Pimpin Rapim dan Apel Komandan Kostrad, Ini yang Disampaikan Pangkostrad

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 17 Maret 2023 | 15:54 WIB
Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (Dok. Kostrad)
Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (Dok. Kostrad)

SinPo.id - Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak membuka Rapat Pimpinan dan Apel Komandan Satuan (AKS) Kostrad TA 2023. Kegiatan ini dilaksanakan terpusat di Markas Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad, Malang, Jawa Timur, Jumat, 17 Maret 2023.

Pelaksanaan Rapim dan Apel Komandan Satuan Kostrad dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 15 sampai 17 Maret 2023, dengan berkonsep kekeluargaan agar sesama peserta saling mengenal dan lebih kompak. Tujuannya yakni mendapat pengetahuan dan pengalaman dengan saling bertukar pikiran, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan prajurit untuk siap melaksanakan tugas pokok.  

Rapat Pimpinan dan Apel Komandan Satuan Kostrad TA 2023 mengangkat dua tema berbeda. Rapat Pimpinan bertema “Kostrad Patriot NKRI Yang Profesional, Siap Mendukung Pembangunan Nasional,” dengan tujuan mengevaluasi Progja dan anggaran Kostrad TA 2022, serta mensosialisasikan program dan kegiatan Prioritas TA 2023. 

Memberi informasi aktual tentang tantangan yang dihadapi dan kondisi menonjol berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas Kostrad TA 2023 dan mensosialisasikan pokok-pokok kebijakan Pangkostrad TA 2023. Sehingga dapat meningkatnya akuntabilitas dan kinerja Kostrad dan jajaran dalam melaksanakan Progja dan Anggaran Kostrad TA 2023.

Sedangkan untuk Apel Dansat Kostrad TA 2023 mengangkat tema “Meningkatkan Kemampuan Dansat Guna Mewujudkan Profesionalisme Prajurit Kostrad sebagai Patriot NKRI Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok Kostrad”. Tema tersebut dinilai sangat tepat dengan tujuan untuk menyamakan persepsi Dansat Kostrad dalam melaksanakan tugas pokok secara adaptif, profesional, modern dan tangguh guna meningkatkan kemampuan operasional satuan Kostrad.

Sasaran dilaksanakan Apel Komandan Satuan Kostrad ini agar terwujudnya kesamaan persepsi Dansat dalam meningkatkan dan mengembangkan Pembinaan Satuan (Binsat). Sehingga tercipta kesiapan operasional satuan dan kesejahteraan prajurit Kostrad, terwujudnya peningkatan kemampuan kepemimpinan Dansat Kostrad yang adaptif, profesional, modern dan tangguh dalam menghadapi tantangan tugas ke depan serta terwujudnya peningkatan Pembinaan Teritorial (Binter) satuan dalam mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Dalam amanatnya, Pangkostrad mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit Kostrad atas dedikasi yang telah diberikan selama TA 2022. Meski demikian, harus tetap ada evaluasi kinerja, baik di homebase maupun di daerah operasi, untuk dapat dibenahi pada pelaksanaan Progja dan Anggaran Kostrad TA 2023.

“Kostrad memiliki nama besar dan tiap-tiap Satjar Kostrad memiliki sejarah. Agar dapat mencintai suatu satuan, setiap prajurit harus mengenal sejarah satuannya, sehingga rela dan ikhlas berbuat yang terbaik dan tidak akan mempermalukan nama Kostrad,” ujar Maruli.

“Hal ini berlaku sama bagi anggota Persit. Saat ibu-ibu memilih menjadi istri prajurit, maka menjadi anggota Persit termasuk dalam pilihan itu dan menyatu dengan sifat dan watak Persit, yaitu suci, setia, sepi ing pamrih, rame ing gawe, ikhlas, rela, bijaksana dan cendekia, berani dan bertanggungjawab,” sambungnya.

Maruli juga meminta semua istri Dansat setia mendampingi suami bertugas di satuan, yang merupakan anugerah dan amanah dari Tuhan. Ditegaskannya, Persit punya kewajiban, tidak hanya menuntut haknya. 

"Peduli terhadap anggota, karena  setiap anggota menanti karya ibu-ibu. Berbuat terbaik. Seimbang antara fungsi sebagai istri, ibu, wanita bekerja (bagi yang bekerja) dan sebagai anggota Persit.  Jadilah orang tua yang baik bagi anak-anak kita. Bijak bersosial media, apalagi menjelang tahun politik 2024, karena istri yang tidak bijak bersosial media akan berdampak pada suami dan keluarga,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan Rapim dan Apel Komandan Satuan Kostrad, Kaskostrad, Irkostrad, Pangdivif 1, 2 dan 3 Kostrad, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Kasdivif 1, 2 dan 3 Kostrad, para Ir Divif, para Asren Divif dan para Asisten Kasdivif, para Pamen Ahli, para Waas Kaskostrad, LO TNI AL, LO TNI AU dan para Dan/Ka Sat Kabalak Kostrad serta para Komandan Satuan jajaran Kostrad, Ketua dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad beserta pengurus. (Penkostrad).
 sinpo

Komentar: