Isu Penundaan Pemilu 2024, Bawaslu: Lama-lama Masyarakat Percaya

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 17 Maret 2023 | 15:34 WIB
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (SinPo.id/ Anam)
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (SinPo.id/ Anam)

SinPo.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menyebut isu penundaan Pemilu 2024 akan berakibat buruk pada pastisipasi masyarakat dalam keikutsertaan pemilihan.

Sebagai penyelenggara, Bagja mewanti-wanti jika isu penundaan terus bergulir, masyarakat akan percaya pemilu 2024 akan ditunda.

"Bagaimana masyarakat percaya jika kemudian isu ini kemudian digoreng terus tunda-tidak, tunda-tidak, lama-lama masyarakat ini (berfikir) enggak jadi ini pemilu. Ini yang kita takutkan," kata Bagja dalam seminar Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat 17 Maret 2023.

Bagja memaparkan, isu penundaan Pemilu 2024 harus menjadi perhatian serius. Sebab, kesalahan nantinya akan dialamatkan kepada penyelenggara, yaitu KPU, Bawaslu dan DKPP.

"Begitu tidak jadi maka tunjuk tudingan adalah kepada penyelenggara pemilu, itu saya yakin. Tudingan pertama ketidak berhasilan pemilu adalah kepada penyelenggara pemilu,"ujarnya.

Untuk itu, lanjut Bagja, penyelenggara pemilu harus terus mengawal dan mengawasi supaya penyelenggaraan pemilu tetap terlaksana sesuai jadwal.

"Ini yang perlu dijaga KPU-Bawaslu, karena kalau Tunda-jadi ataupun pemilu gagal yang disalahkan pasti KPU-Bawaslu berikut DKPP. Karena inilah tugas kami sebagai penyelenggara pemilu," tandasnya.sinpo

Komentar: