KONFLIK RUSIA UKRAINA

Rusia Bakal Hancurkan Semua Jet Tempur yang Dikirim Barat ke Ukraina

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 18 Maret 2023 | 08:46 WIB
Ilustrasi jet tempur (SinPo.id/AFP)
Ilustrasi jet tempur (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Rusia menegaskan akan menghancurkan semua jet tempur yang dipasok ke Ukraina oleh negara-negara Barat. Keputusan ini diambil setelah Polandia dan Slovakia menyatakan segera mengirim jet MiG-29 ke Kiev.

"Dalam operasi militer khusus, semua peralatan ini akan dihancurkan," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov seperti dikutip dari Reuters seperti dilansir Antara, Sabtu, 18 Maret 2023.

Sejak invasi Rusia tahun lalu, negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) telah menggelontorkan miliaran dolar AS dalam bentuk bantuan militer ke Ukraina setelah Kiev meminta senjata yang disebut sangat penting dalam menangkis serangan Rusia.

Moskow menuduh Barat secara langsung turut serta  dalam konflik dengan cara menyediakan senjata untuk Ukraina. Sebelumnya Rusia memperingatkan bahwa senjata-senjata NATO adalah sasaran yang sah bagi pasukannya.

"Rasanya semua negara ini terlibat dalam membuang perlengkapan (perang) lama yang tidak perlu," kata Peskov.

Slovakia memesan jet tempur F-16 dari Amerika Serikat pada 2018 untuk menggantikan pesawat MiG-29 yang sudah tua.Negara ini memiliki satu skuadron terdiri dari 11 unit MiG-29 yang sudah dipensiunkan musim panas lalu.
 sinpo

Komentar: