piala dunia U-20

Mesin Jahit Rumput dari Inggris Tiba, Erick Thohir Pastikan Lapangan Piala Dunia U-20 Penuhi Syarat

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 18 Maret 2023 | 16:14 WIB
Pitch stitching akan digunakan untuk meningkatkan kualitas lapangan sehingga layak menggelar Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang/SinPo.id/Dok. PSSI
Pitch stitching akan digunakan untuk meningkatkan kualitas lapangan sehingga layak menggelar Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang/SinPo.id/Dok. PSSI

SinPo.id - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan kualitas lapangan di enam stadion yang menggelar Piala Dunia U-20 bakal memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Menurutnya, kedatangan pitch stitching atau mesin jahit rumput yang direkomendasikan FIFA di Indonesia akan meningkatkan kualitas lapangan sehingga layak menggelar Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

"Mesin pitch stitching (mesin jahit rumput) yang direkomedasikan FIFA untuk meningkatkan kualitas lapangan standar Piala Dunia sudah hadir di Indonesia," kata Erick dikutip dari laman PSSI, Sabtu 18 Maret 2023. 

Erick mengatakan, mesin jahit rumput tersebut sedang berada di Bali untuk meningkatkan kualitas lapangan di Stadion I Wayan Dipta. Selanjutnya, mesin jahit rumput itu akan digunakan meningkatkan kualitas lapangan di lima stadion lain yang menggelar Piala Dunia U-20," kata Erick.

Erick menyampaikan, panitia penyelenggara menjadwalkan proses penjahitan antara rumput asli dan sintetis untuk memodifikasi kerapatan rumput berlangsung sejak hari ini hingga awal Mei 2023.

"Setelah Bali, mesin yang dikerjakan perusahaan asal Inggris, Sisgrass, akan menuju Surabaya, lalu Jakarta, berikutnya Solo, Bandung, dan terakhir Palembang," katanya.

Setiap stadion, kata Erick, membutuhkan waktu pengerjaan selama seminggu dan transit antar kota. Ia memastikan pekerjaan jahit rumput enam lapangan untuk Piala Dunia U-20 ini akan selesai tepat waktu. 

"Ini kebanggaan juga karena berkat Piala Dunia U-20, kita punya enam lapangan sekaligus berstandar FIFA dan dunia," ucap Erick.

Untuk diketahui, ada enam stadion di enam kota di Indonesia yang akan digunakan untuk menggelar laga-laga Piala Dunia U-20, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Kab. Bandung), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), dan Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).sinpo

Komentar: