Pemilu 2024

Bamsoet Prediksi Ada Dua Kubu Bertarung di Pilpres 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:28 WIB
Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo/SinPo.id/Dok. Humas MPR
Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo/SinPo.id/Dok. Humas MPR

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) memprediksi ada dua kubu yang bertarung di Pilpres 2024. Dia meyakini koalisi yang terbentuk sekarang akan mengerucut.

"Kalau bicara soal calon, paling tidak sekarang ada beberapa kristalisasi, ada PDIP, ada KIB, ada Perubahan, ada Kebangkitan Indonesia Raya, tapi saya kok meyakini ada dua kubu yang bertarung," kata Bamsoet kepada wartawan, Sabtu, 18 Maret 2023.

Sejauh ini koalisi untuk Pilpres 2024 mulai terbentuk menjadi beberapa kubu. Setidaknya, ada tiga poros koalisi yang sudah resmi dibentuk oleh partai politik (parpol).

Pertama, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kedua, Koalisi Perubahan yang dibentuk NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Demokrat. Ketiganya mendeklarasikan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres).

Terakhir, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Sedangkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sampai saat ini belum menentukan sikap meskipun sudah memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen.

Bamsoet mengamini Partai Golkar mendorong sang ketua umum Airlangga Hartarto maju pada Pilpres 2024. Namun, dia tak ingin mencampuri keputusan pimpinan ketiga parpol yang tergabung dalam KIB

"Sehingga, kalau KIB biarlah biar berunding antara Pak Airlangga, Mardiono, dan Pak Zul itu berunding, itu bukan domain saya. Saya Wakil Ketua Umum Partai Golkar, kecuali nanti kalau udah jadi ketua umum, beda," ujar Bamsoet.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus menyebut pembicaraan capres dan cawapres masih sangat dinamis. Dia menyatakan saat ini belum ada capres yang pasti akan maju pada Pilpres 2024.sinpo

Komentar: