Indonesia Komitmen Capai Pertumbuhan Inklusif di Area Indo-Pasifik dan ASEAN

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 Maret 2023 | 18:20 WIB
Airlangga Hartarto/Kemenkoperekonomian
Airlangga Hartarto/Kemenkoperekonomian

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Pemerintah berkomitmen mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan di kawasan Indo-Pasifik dan ASEAN, dengan menguatkan kerja sama ekonomi secara bilateral maupun multilateral.

“Indo-Pasifik adalah pendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Airlangga dalam Indo-Pacific Chamber of Commerce and Industry Business Forum di Nusa Dua Bali, dikutip Minggu 19 Maret 2023.

Menurutnya, keterlibatan pemangku kepentingan yang proaktif adalah inti dari kerangka kerja baru, dan negara-negara anggota Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) menyadari peran pentingnya dalam menciptakan kondisi yang membuat sektor swasta dapat turut serta mewujudkan transformasi ekonomi.

“Ada harapan besar bagi IPEF untuk memberikan manfaat nyata bagi bisnis, konsumen, investor, dan pekerja di seluruh kawasan Indo-Pasifik,” ungkapnya.

Di samping itu, kata Airlangga, pemerintah juga bertekad untuk memastikan bahwa IPEF memberikan manfaat penuh dari sisi penciptaan lapangan kerja, membangun ekosistem inovasi, hingga meningkatkan produktivitas untuk pertumbuhan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

"Indonesia juga bekerja untuk memastikan IPEF memobilisasi sumber daya dan kemampuan untuk mempercepat jalur transisi yang adil dimana tidak ada masyarakat, atau ekonomi, yang tertinggal," paparnya.

Lebih lanjut, Menko Airlangga juga menyampaikan peran Indonesia yang tengah memegang Keketuaan ASEAN tahun 2023, yang sentralitasnya sangat penting, serta krusial dalam kawasan Indo-Pasifik dan saat ini adalah momentum yang memberikan peluang besar.sinpo

Komentar: