ULAH WNA DI BALI

Ratusan WNA Masih Langgar Aturan Lalu Lintas di Bali

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 21 Maret 2023 | 12:19 WIB
Ulah nyeleneh WNA saat berkendara di Bali (SinPo.id/ Instagram)
Ulah nyeleneh WNA saat berkendara di Bali (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Satlantas Polres Badung terus menggencarkan kegiatan hunting system atau patroli keliling dalam penegakan disiplin berlalu lintas. Sejumlah pengendara motor masih banyak melakukan pelanggaran berlalu lintas, yang didominasi tidak menggunakan helm, baik Warga Negara Asing (WNA) maupun warga lokal.

“Kami dari jajaran Satlantas Polres Badung dalam kegiatan melaksanakan penindakan terhadap WNA maupun WNI kurang lebih dua minggu terakhir menindak kurang lebih 535 pelanggar. Dan didominasi WNA sebanyak 123 pelanggar,” kata Kasatlantas Polres Badung, Iptu Ni Putu Meipin Ekayanti dikutip dari laman Korlantas Polri, Selasa, 21 Maret 2023.

Meipin menambahkan, rata-rata WNA yang ditindak karena tidak membawa dan mengenakan helm, namun ada juga yang membawa tapi tidak memakainya. Rata-rata alasan mereka tidak memakai helm karena menganggap lebih nyaman tidak memakainya dan cuma mau pergi ke pantai.

“Mereka anggap karena mereka mau ke pantai, mereka lebih nyaman tidak memakai helm. Kami sudah jelaskan bahwa pentingnya penggunaan helm saat mengendarai sepeda motor,” kata dia.

Sosialisasi kepada rental-rental motor agar menyampaikan kepada para penyewa motor khususnya bule untuk selalu memakai helm dan tertib berlalu lintas saat berkendara pun sudah dilakukan pihak kepolisian.

“Kalau sanksi kami tindak dengan tindakan tilang. Kalau mereka membawa tapi tidak menggunakan helm, tidak punya SIM internasional dan membawa STNK tetap kami tindak tilang, tapi kalau mereka tidak memiliki SIM internasional, tidak pakai helm dan membawa STNK kita sita kendaraannya,” ujar Iptu Meipin.

Untuk titik atau wilayah yang banyak ditemukan pelanggar, ia menyampaikan ada di Kuta Utara khususnya di sekitar lapangan Tibubeneng, simpang Deus, simpang Lio. Rata-rata jalan yang mengarah ke pantai banyak ditemukan pelanggar tidak menggunakan helm.

“Di simpang Lio Square sudah mulai tertib menggunakan helm, sebelumnya awal-awal kami melakukan penindakan banyak pelanggar tetapi sekarang sudah mulai tertib. Mungkin karena mereka mulai sadar pentingnya penggunaan helm,” jelasnya.sinpo

Komentar: