PEMBANGUNAN PAPUA

Papua Jadi Prioritas Pembangunan, Jokowi: Rp1.036 T Sudah Digelontorkan

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 21 Maret 2023 | 14:56 WIB
Presiden Joko Widodo Papua Youth Creative Hub (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Joko Widodo Papua Youth Creative Hub (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, pemerintah sedang  memfokuskan pembangunan di tanah Papua. Saat ini dana yang sudah digelontorkan mencapai Rp1.036 Triliun.

Jokowi meminta masyarakat untuk mengawasi dan mengawal anggaran tersebut agar digunakan secara tepat sasaran.

"Pembangunan Indonesia sekarang ini bukan Jawasentris, tetapi Indonesia sentris dan tanah Papua menjadi prioritas dari pembangunan," kata Jokowi saat peresmian Papua Youth Creative Hub di lansir akun YouTube Setpres, Selasa 21 Maret 2023.

"Anggaran yang keluar dari Pusat, Provinsi dan Kota sudah keluar Rp1.036 Triliun, uang ini uang yang sangat besar sekali," sambungnya.

Jokowi memaparkan, dari anggaran tersebut telah dibangun sejumlah infrastruktur yang telah dibangun di Papua. Di antaranya jalan Trans Papua sepanjang 3.462 km dan jalan di perbatasan sepanjang 1.098 km.

Selanjutnya, Jembatan Youtefa 1,3 km ada di Jayapura, perbaikan terminal bandara Domine Eduard Osok di Sorong, bandara di Wamena, Jayawijaya.

"Kemudian juga pembangunan lintas batas di tiga lokasi. Seingat saya di Skouw, di Sota, kemudian terakhir di Yetetkun di Boven Digoel, semuanya telah kita selesaikan," ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut seluruh pembangunan yang dilakukan di Papua  tersebut sudah dilakukan sejak 2014 sampai 2022.

Untuk itu, Jokowi mengajak supaya masyarakat Papua ikut mengawasi anggaran yang telah dikeluarkan pemerintah. Ia tidak ingin anggaran tersebut dikorupsi.

"Sekali lagi saya minta diawasi, dikawal terus, dilihat betul, karena duitnya gede sekali yang ada di tanah Papua," tandasnya.sinpo

Komentar: