RAPAT PARIPURNA DPR RI

Puan Temui Perwakilan PRT yang Hadir Usai Rapat Paripurna

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 21 Maret 2023 | 14:50 WIB
Puan Maharani saat temui PRT di Gedung DPR/MPR (SinPo.id/ Galuh)
Puan Maharani saat temui PRT di Gedung DPR/MPR (SinPo.id/ Galuh)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyapa sejumlah aktivis perempuan dan perwakilan Pekerja Rumah Tangga (PRT) yang hadir dalam Rapat Paripurna untuk mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap perjuangan mereka.

“Terima kasih Bu Puan, hidup Bu Puan, hidup Bu Puan,” teriak perwakilan aktivis dan PRT, di depan Gedung Nusantara II DPR RI, Selasa 21 Maret 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Puan juga menyalami, berfoto, dan berdialog singkat bersama dengan sejumlah aktivis dan PRT usai RUU PPRT disahkan sebagai inisiatif DPR RI dalam Rapat Paripurna.

“Matur nuwun, matur nuwun. Namanya perjuangan hasilnya nggak bisa saat itu juga. Harus sabar, perlu waktu agar hasilnya bisa bermanfaat,” ungkap Puan.

Lebih lanjut, Puan juga berjanji akan menyediakan waktu berdiskusi dengan para aktivis dan perwakilan PRT, karena menurutnya gotong royong masih diperlukan agar RUU PPRT dapat segera direalisasikan menjadi undang-undang, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Lain kali kita ketemu untuk saya dengar masukannya bagaimana. Yang penting kita sama-sama gotong royong. Pokoknya jangan ada yang merugikan, semua harus bermanfaat," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar RUU PPRT segera disahkan lantaran hukum ketenagakerjaan di Indonesia tidak secara khusus dan tegas mengatur tentang pekerja rumah tangga.

Sehingga RUU PPRT diharapkan dapat memberikan perlindungan lebih baik kepada pekerja rumah tangga yang jumlahnya mencapai 4 juta jiwa, agar mereka tidak kehilangan haknya sebagai pekerja.sinpo

Komentar: