PEMILU DI YUNANI

Yunani akan Selenggarakan Pemilu pada Mei 2023

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 22 Maret 2023 | 22:10 WIB
Ilustrasi Pemilu(SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi Pemilu(SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengatakan Yunani akan mengadakan pemilihan umum pada bulan Mei 2023. Jadwal ini maju dibanding informasi yang selama ini beredar, yakni di bulan Juli.

"Saya dengan pasti dapat memberi tahu Anda semua bahwa pemilihan akan diadakan pada bulan Mei, bukan pada Juli. Karena sangat mungkin diperlukan putaran kedua," kata Mitsotakis saat wawancara dengan saluran televisi swasta Alpha TV, seperti dikutip dari Anadolu, Rabu, 22 Maret 2023.

Mitsotakis mengungkapkan hal itu setelah ditanya tentang pemungutan suara yang menunjukkan bahwa keunggulan partainya Nea Dimokratia (Demokrasi Baru) di parlemen mulai menyempit melawan partai oposisi utama SYRIZA.

“Saya ingin putaran kedua membentuk pemerintahan mayoritas, yang dibutuhkan negara ini,” tambah dia.

Mengacu pada kecelakaan kereta pada 28 Februari di Yunani, yang menyebabkan sedikitnya 57 orang tewas, dia menyebut tragedi tersebut seharusnya tidak pernah terjadi.

"Tidak terbayangkan bagaimana di Yunani tahun 2023, dua kereta bisa berada di jalur yang sama menuju arah yang berlawanan dan tidak ada yang menyadarinya. Dan saya percaya bahwa semua warga telah menyadari dalam kemarahan mereka bahwa kecelakaan ini adalah puncak dari puluhan tahun patologi yang sekarang menjadi kewajiban kita untuk ditangani, ”kata Mitsotakis.

Kecelakaan itu terjadi di kota Tempi dekat kota Larissa. Banyak mahasiswa dan sembilan awak kereta api tewas dalam kecelakaan itu.sinpo

Komentar: