RAMADAN 1444 H

Doa Tak Kunjung Dikabulkan, Begini Kata MUI

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 24 Maret 2023 | 22:51 WIB
Ilustrasi orang berdoa (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi orang berdoa (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Bulan Ramadan merupakan bulan istimewa bagi umat Islam. Diyakini setiap doa yang dipanjatkan saat Ramadan kemungkinan besar akan dikabulkan Allah SWT.

Namun seringkali dirasakan jika doa yang dipanjatkan tak dikabulkan. Padahal Allah Swt menerangkan bahwa ketika kita berdoa, maka akan dikabulkan oleh-Nya. Hal ini sebagaimana tertera dalam Surat Al-Ghafir ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu.”

Ketua Umum MUI Sulsel KH Nadjamuddin Abd Shafa menjelaskan salah satu penyebab doa tidak dikabulkan karena tidak menjaga makanan dan minuman. Dia mengutip sebuah hadis ketika Seorang sahabat bernama Sa’ad bin Abi Waqash saat berkata kepada Rasulullah.

“Ya Rasulullah, doakanlah aku agar menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah”. Apa jawaban Rasulullah SAW, “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya”.

Lebih dalam Nadjamuddin juga berpesan kepada umat Islam agar lebih menjaga dan memperhatikan makanan dan minuman yang diperolehnya.

“Jangan sampai makanan dan minuman yang haram menyebabkan doa kita tidak dikabulkan Allah SWT,” katanya dikutip dari laman MUI, Jumat, 24 Maret 2023.sinpo

Komentar: