Golkar Akui JK Sarankan KIB Gabung ke KPP

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 28 Maret 2023 | 12:21 WIB
Ahmad Doli Kurnia/Golkar
Ahmad Doli Kurnia/Golkar

SinPo.id -  Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengamini mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) memberi masukan agar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Saya kira pasti ya, senior-senior itu kan mempunyai pandangan, saran, dan masukan," kata Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 27 Maret 2023.

Dia memastikan semua masukan, saran, dan pandangan politisi senior Partai Golkar tersebut akan ditampung. Bahkan, arahan itu akan dibahas secara resmi dalam rapat internal partai.

"Apakah nanti dalam rapat partai internal di DPP atau ketua-ketua dewan (Partai Golkar) itu," ujarnya.

Doli belum dapat memastikan apakah partainya akan mendukung bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan. Dia menegaskan Partai Golkar hingga kini masih anggota KIB.

Dia mengatakan kesepakatan KIB tidak menutup masing-masing partai politik (parpol) anggota koalisi untuk berkomunikasi dengan parpol lain di luar KIB.

"Masing-masing parpol mempersilakan untuk bisa berjalan dan berkomunikasi dengan siapa saja, enggak ada yang bisa larang gitu," kata dia.

Dia menyebut kesepakatan koalisi menghargai kebijakan, kedaulatan, maupun langkah-langkah politik yang diambil secara internal masing-masing partai. Di sisi lain, terkait kesepakatan bakal capres dan cawapres akan dibicarakan bersama ketiga parpol anggota KIB.

"Ketika kita nanti bicara tentang sudah selesai segala konsepnya macem-macem, 'chapter' terakhir tentang paket capres-cawapres itu kita sepakati akan dibicarakan bertiga," kata dia.

Doli menegaskan hingga saat ini Partai Golkar masih konsisten mengusung Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai bacapres. Meski di sisi lain, Golkar masih menunggu dinamika yang berkembang.

"Di Partai Golkar sampai sekarang masih konsisten bahwa capres kami adalah Pak Airlangga Hartarto," kata Doli.sinpo

Komentar: