Jumlah Pemudik Lebaran 2023 Diprediksi Meningkat Signifikan

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 28 Maret 2023 | 14:20 WIB
Irjen Pol Dedi Prasetyo/SinPo.id/Div Humas Polri
Irjen Pol Dedi Prasetyo/SinPo.id/Div Humas Polri

SinPo.id -  Tidak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat keinginan mudik masyarakat Indonesia semakin menggebu. Polri memprediksi ada peningkatan jumlah pemudik pada lebaran tahun ini.

Hal ini disampaikan Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, dalam paparannya di acara 'Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang Mudik Lebaran 2023', di Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023.

"Tidak menutup kemungkinan peningkatan arus mudik cukup signifikan seperti pada tahun-tahun sebelumnya," ujar Dedi.

Dedi pun mengutip keterangan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy yang menyebut ada 123,8 juta orang yang diprediksi akan melaksanakan mudik lebaran tahun ini.

"Dari hasil survei yang sudah dilakukan diprediksikan bahwa pergerakan masyarakat dalam mudik lebaran tahun 2023 ini mencapai 123,8 juta orang yang akan mudik," jelas Dedi.

Berdasarkan penghitungan, jumlah tersebut mengalami peningkatan 14,2 persen dari musim mudik tahun 2022.

"Dan hal tersebut bila dibandingkan dengan tahun 2022 mengalami peningkatan 14,2%. Tahun 2022 arus mudik diperkirakan mencapai 85,5 juta orang," kata dia.

Salah satu faktor yang menunjang terjadinya peningkatan volume pemudik, yakni kegiatan perekonomian yang semakin membaik, hingga adanya persepsi positif masyarakat dalam penyelenggaraan angkutan lebaran tahun lalu.

"Perekonomian juga alhamdulillah semakin membaik. Yang keempat tidak adanya pembatasan atau pelarangan perjalanan serta peningkatan persepsi positif dari masyarakat atas penyelenggaraan angkutan lebaran pada 2022 yang lalu," tukas Dedi.sinpo

Komentar: