Putra Mahkota Arab Saudi Mau Sponsori Renovasi Masjid JIC, Heru Budi Buka Suara

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 28 Maret 2023 | 19:23 WIB
Masjid JIC Jakarta Utara (SinPo.id/dok. Mesjid JIC)
Masjid JIC Jakarta Utara (SinPo.id/dok. Mesjid JIC)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara merespons kabar Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) akan membiayai (JIC) yang terbakar beberapa waktu lalu.

Heru mengaku akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) terkait rencana itu.

“Nanti saya tanya sama Kementerian Agama dulu,” kata Heru kepada wartawan di Jakarta, Selasa 28 Maret 2023.

Heru mengaku hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta belum melakukan tindak lanjut apapun untuk melakukan revitalisasi JIC pasca musibah kebakaran.

Sebagaimana diketahui, kubah raksasa Masjid JIC ambruk setelah terbakar hebat pada Oktober lalu. Pemprov DKI Jakarta memastikan revitalisasi masjid JIC tidak menggunakan sumber dana dari aggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). 

Namun jika melihat situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SiRUP LKPP), satuan kerja Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp9,9 miliar dari APBD tahun 2023.

Informasi tersebut tertera dalam SiRUP LKPP. Total anggaran Rp9,9 miliar itu diperuntukkan untuk pekerjaan rehabilitasi komponen arsitektural.

"Nama paket pekerjaan konstruksi rehabilitasi Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC). Satuan kerja Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Tahun anggaran 2023," demikian keterangan yang dikutip melalui SiRUP.

Adapun spesifikasi pekerjaan meliputi pekerjaan komponen arsitektural seperti lantai, dinding dan sebagainya. Jenis pengadaan pekerjaan konstruksi dengan metode pemilihan melalui tender.

Jadwal pemilihan penyedia dimulai pada Juni 2023. Sementara jadwal pelaksanaan kontrak dimulai pada Juli hingga Desember 2023. Sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan pada Desember 2023 mendatang.sinpo

Komentar: