Menko PMK: Pemerintah Komit Bangun SDM Unggul Lewat Revitalisasi Pendidikan

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 31 Maret 2023 | 22:52 WIB
Menko PMK, Muhadjir Effendy/Humas Kemenko PMK
Menko PMK, Muhadjir Effendy/Humas Kemenko PMK

SinPo.id -  Pemerintah berkomitmen membangun sumber daya manusia unggul melalui revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022.

Sebab melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat berkunjung ke pabrik mainan di Kawasan Industri Kendal.

"PT. Master Kidz adalah salah satu pabrik mainan edukasi anak-anak yang merupakan produk olahan kayu di Kawasan Industri Kendal. Pabrik ini merupakan salah satu yang telah bekerja sama dengan Polifurneka dalam pemagangan industri serta mengambil tenaga kerja lulusannya," ujar Muhadjir kepada awak media.

Kata Muhadjir, Pemerintah saat ini juga tengah mengevaluasi Super Tax Deduction. Kebijakan yang dimaksudkan sebagai reward bagi industri yang mendukung vokasi ini mestinya dibuat mudah sehingga menarik minat pelaku usaha mendukung vokasi.

Dia berharap, angkatan kerja Indonesia bisa sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Karena itu, upaya pemerintah dengan Perpres Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi supaya ada sinergitas pendidikan di bawah Kemendikbudristek dan pelatihan di bawah Kemnaker.

"Sehingga dengan demikian keterampilan keahlian yang dimiliki calon tenaga kerja kita sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja," ungkap dia.

Sebagai informasi, Polifurneka Kendal merupakan satu-satunya Politeknik Negeri di bidang furnitur dan pengolahan kayu di Indonesia, yang berstandar global, dengan program studi D III, diantaranya Teknik Produksi Furnitur, Desain Furnitur, dan Manajemen Bisnis Industri Furnitur.

Polifurneka Kendal telah meluluskan 2 angkatan, yakni: angkatan 2018 telah meluluskan 87 orang dan diserap dunia industri 100 persen, kemudian angkatan 2019 telah meluluskan 175 orang dan diserap dunia industri 92,5 persen.sinpo

Komentar: