EMISI KARBON

China Klaim Berhasil Tekan Emisi Karbon Produk Pertanian

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 01 April 2023 | 09:24 WIB
Ilustrasi lahan pertanian (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi lahan pertanian (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Intensitas emisi karbon produk-produk pertanian utama di China mengalami tren penurunan. Hal itu terkonfirmasi dalam sebuah laporan yang dirilis oleh Akademi Ilmu Pertanian China (CAAS) pada Jumat, 31 Maret 2023.

"China berhasil mencapai intensitas emisi karbon yang rendah dalam bidang pertanian, sehingga memberikan kontribusi yang positif untuk mengatasi perubahan iklim global," ujar Wakil Presiden CAAS Mei Xurong, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 1 April 2023.

Menurut laporan itu, produk pertanian bruto China menyumbang 9,5 persen dari total produk domestik bruto (PDB) negara tersebut. Sementara total emisi karbon dari produk-produk pertanian hanya mencakup 6,7 persen dari total emisi karbon China.

"China memastikan ketahanan pangan dan pasokan produk pertanian penting dengan efektif, sembari mencapai intensitas emisi karbon yang rendah dalam bidang pertanian," kata laporan itu dilansir dari Xinhua.

Laporan itu juga menyoroti pentingnya peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pertanian rendah karbon.

Laporan itu memaparkan bahwa China menginvestasikan dana sekitar 100 miliar yuan (sekitar Rp217,2 triliun) setiap tahunnya untuk mendukung pembangunan lahan pertanian berstandar tinggi. Mengadopsi beragam teknologi baru memungkinkan peningkatan produksi pangan sekaligus mengurangi emisi karbon.

Dalam beberapa tahun terakhir, China memanfaatkan teknologi energi terbarukan untuk mengolah lebih dari 500 juta ton limbah organik dari bidang pertanian dan daerah pedesaan setiap tahunnya, yang secara efektif mengurangi pencemaran lingkungan dan emisi karbon, imbuh laporan tersebut.
 sinpo

Komentar: