GUNUNG API DI VENUS

Tak Hanya Bumi, Venus juga Memiliki Puluhan Ribu Gunung Berapi

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 02 April 2023 | 12:58 WIB
Planet Venus (SinPo.id/ Getty Images)
Planet Venus (SinPo.id/ Getty Images)

SinPo.id - Para peneliti dari misi Magellan NASA, menemukan puluhan ribu gunung berapi di permukaan planet Venus. Penemuan gunung berapi tersebut telah memberikan petunjuk tentang sifat interior Venus yang sebagian besar belum dapat diakses oleh para ilmuwan saat ini.

Melalui penelitian yang menggunakan citra Synthetic Aperture Radar (SAR), NASA mencoba membuat katalog gunung berapi di Venus dalam skala global. Basis data yang dihasilkan, terdapat sekitar 85.000 gunung berapi, 99 persen di antaranya berdiameter kurang dari 5 km (3 mil).

“Makalah kami memberikan peta paling komprehensif dari semua gunung vulkanik di Venus yang pernah disusun,” kata seorang ilmuwan planet di Universitas Washington di St. Louis, Dr. Paul Byrne, dilansir dari Sci News, Minggu 2 April 2023.

"Hal ini memberi para peneliti database yang sangat berharga untuk memahami vulkanisme di planet itu, proses planet utama, tetapi untuk Venus adalah sesuatu yang sangat sedikit kita ketahui, meskipun Venus adalah planet dengan ukuran yang sama dengan Bumi," imbuhnya.

Ia mengatakan, sejak misi Magellan NASA dimulai pada 1990-an, ada banyak pertanyaan besar tentang geologi Venus, termasuk karakteristik vulkaniknya. Namun penemuan vulkanisme aktif di Venus baru-baru ini, telah membantu para peneliti memiliki data baru untuk melanjutkan penelitian di tahun depan.

Penelitian terbaru juga mencakup analisis terperinci tentang keberadaan gunung berapi, dan bagaimana mereka dikelompokkan. Secara keseluruhan, karya ilmiah tersebut memberikan pemahaman paling komprehensif tentang sifat vulkanik Venus, dibandingkan dengan penelitian mengenai sifat geofisika planet, seperti ketebalan kerak.

Meskipun terdapat gunung berapi di hampir seluruh permukaan Venus, para ilmuwan juga menemukan gunung berapi yang jumlahnya relatif lebih sedikit, dalam kelompok gunung yang memiliki diameter 20-100 km (12-62 mil).

Di samping itu, para peneliti juga ingin melihat lebih dekat gunung berapi yang lebih kecil di Venus, dengan diameter kurang dari 5 km yang telah diabaikan oleh para pemburu gunung berapi sebelumnya.sinpo

Komentar: