TEKAN IMPOR BAHAN PANGAN

Tekan Impor, DPR Dorong Badan Pangan Nasional Optimalkan Produksi dalam Negeri

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 03 April 2023 | 21:50 WIB
Ilustrasi beras impor (SinPo.id/ Kemendag)
Ilustrasi beras impor (SinPo.id/ Kemendag)

SinPo.id - Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman, mendorong Badan Pangan Nasional agar mengoptimalkan produksi dan produktivitas komoditas dalam negeri. Hal itu bertujuan untuk mengurangi impor pemenuhan kebutuhan pangan nasional.

Pasalnya, Badan Pangan Nasional telah melakukan penugasan kepada Perum Bulog untuk mengimpor beras sebanyak 500 ribu ton dalam program stabilisasi pasokan dan harga pangan beras.

“Kami memahami upaya jangka pendek terutama menghadapi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Percepatan kedatangan impor komoditas memang diperlukan untuk jaminan ketersediaan dan pemenuhan kebutuhan," kata Sulaeman, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin 3 April 2023.

"Namun skenario jangka menengah dan jangka panjangnya diperlukan perhatian lebih lanjut. Terutama untuk komoditas yang produksi dalam negerinya masih sangat rendah dibandingkan kebutuhan tahunan nasional kita seperti kedelai dan bawang putih,” imbuhnya.

Menurut Kepala Badan Pangan Nasional, terdapat empat komoditas yang ketersediaannya tidak mampu memenuhi kebutuhan tahunan dalam negeri, seperti kedelai, bawang putih, daging lembu dan ikan.

Sementera itu, terdapat enam komoditas yang masuk dalam perencanaan impor, yakni beras, kedelai, bawang putih, daging lembu, gula konsumsi dan ikan.

“Oleh karena itu, kami mendorong badan pangan nasional turut mengoptimalkan produksi dan produktivitas komoditas dalam negeri agar bisa mengurangi ketergantungan pemenuhan kebutuhan pangan nasional dari impor,” tutur Sulaeman.sinpo

Komentar: