GEMPA BUMI

Guncangan di Padang Sidempuan Sumut Termasuk Kategori Gempa Bumi Menengah

Laporan: Sinpo
Selasa, 04 April 2023 | 00:00 WIB
Sebuah bangunan roboh akibat gempa Magnitude 5,6 SR di Kabupaten Cinajur Jabar (SinPo.id/BNPB)
Sebuah bangunan roboh akibat gempa Magnitude 5,6 SR di Kabupaten Cinajur Jabar (SinPo.id/BNPB)

SinPo.id -  Padang Sidempuan, Sumatera Utara diguncang gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,4 pada Senin 3 April 2023 pukul 21.59 WIB. Gempa itu tak berpotensi tsunami. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa ini merupakan jenis gempa bumi menengah.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia pada zona intraslab. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar turun (oblique-normal fault)" ucap Daryono, dalam keterangannya, Senin 3 April 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi gempa melalui akun media sosial Twitter.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya, Senin 3 April 2023.

Gempa ada pada kedalaman 102 kilometer.

Gempa berada pada titik koordinat 0,86 Lintang Utara dan 98,73 Bujur Timur. Tepatnya pada 82 km barat daya Padang Sidempuan.

BMKG mencatat gempa ini turut dirasakan ke sejumlah wilayah dengan skala MMI berbeda-beda. Gempa Padang Sidempuan terasa di Aek Godang. Pinangsori, Pasaman Barat, Pasaman, Agam. Kemudian terasa di Gunungsitoli, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Aceh Singkil, Pulau Banyak, daerah Telo, Tapanuli Tengah, Subulussalam, Dairi, Aceh Selatan, Padang, Painan, Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Solok, Limapuluhkota, Tuapejat.

Selain itu, getaran gempa turut dirasakan di Banda Aceh, Solok Selatan, dan Pekanbaru. Hingga pukul 22.33 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diimbau menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.sinpo

Komentar: