Koran Sin Po 4 April 1931

Penoelis Tionghoa pertama tentang philosophie politiek Barat

Laporan: Sinpo
Selasa, 04 April 2023 | 12:00 WIB
Koran Sin Po 4 April 1931 (Monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 4 April 1931 (Monash University/SinPo.id)

DJOEMBLAHNJA orang Tionghoa jang toelis boekoe tentang philosophie Barat ada sedikit sekali. Kita boleh seboet W. S. Chang poenja ,.Hegel’s Ethical Teaching” (Shanghai 1925) atawa Fung Yu Lan poenia ,,A comparative study of life ideals” (Shanghai 1925), tapi jang paling menarik hati ada Prof Dr. Kung Chuan Hsiao poenja „Political Pluralism” jang diterbitken di London belon begitoe lama berselang sebagi satoe djilid dari „The International Library of Psychology, Philosophy and Scientific Method”. Prof. Kung Chuan Hsiao ada goeroe tinggi dari Nankai University di Tientsin dan ada penoelis Tionghoa pertama tentang philosophie politiek dan pamerentahan di Barat.

Lapoenja, Political Pluralism" jang tertoelis dalem bahasa Inggris bagoes ada boekoe dalem ini bahasa atawa bahasa apa poen jang pertama bitjaraken ini soeal dengen lengkap. Apa jang dimaksoedken. dengen „Political Pluralism” Jalah satoe aliran jang critiek anggepan pamerentahan jang kasi koeasa terlaloe besar pada ”pamerentah”.

Doeloe jang djadi „pamerentah  jalah radja jang berkoeasa penoe dan kata ia dapet „hak” dari Toehan Allah sendiri boeat niamerentah sasoekanja; blakangan banjak radja-radja dioesir atawa dikoerangin kakoeasahannja, tapi itoe anggepan terlaloe tinggi tentang pamerentahan masi teroes ada. Ini tida ditsetoedjoeken oleh haloean „pluralisrh” jang maoe kasi kadoedoekan lebih rendah pada pamerentah jang menoeroet ini aliran tida boleh berkwasa dalem segala hal dan boeat semoea perkara.

Pamerentah haroes di „reduced from its former height of soversign inclusiveness to a humble position alongside of all other social institutions" (p. 126), sebab ”the state cannot include the complete personality of every one” (p. 128). Kaloe kakwasahan terlaloe di koempoel di satoe tempat („pamerentah”)ini bisa terbitken oepama bureaucratie jang bekerdja lambat dan makan tempo dan oewang banjak: „Over-cetralisation. of power at any one point indicates not only inefficiency, but despotism" (p. 118).

Lagian 'anggepan koeno tentang pamerentah ada terlaloe eenzydig, jalah tjoema perhatiken oeroesan politiek dan wet; anggepan plura.sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po, 17 Mei 1924 (Monash University/SinPo.id)
Moesim memboenoe dan merampok.
Jumat, 17 Mei 2024
Koran Sin Po 8 Mei 1986 (SinPo.id/Monash University)
Satoe Blanda di Tiongkok
Rabu, 08 Mei 2024
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024