KPK Diminta Periksa Harta Sekda Riau

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 06 April 2023 | 16:52 WIB
Unjuk rasa massa meminta KPK memeriksa harta Sekda Riau S F Hariyanto. Istimewa.
Unjuk rasa massa meminta KPK memeriksa harta Sekda Riau S F Hariyanto. Istimewa.

SinPo.id - Mahasiswa yang menamakan diri Gerakan Pemuda Mahasiswa Riau Peduli Keadilan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Mereka menuntut Lembaga Antirasuah mengusut harta kekayaan Sekretaris Daerah Provinsi Riau S F Hariyanto.

"Setelah apa yang dilakukan Sekda Provinsi Riau S F Hariyanto tentang flexing hidup mewah keluarganya maka kami perlu sampaikan agar KPK RI memanggil S.F. Hariyanto dan memeriksa harta kekayaannya," kata koordinator aksi Fatur di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 6 April 2023.

Massa pengunjuk rasa juga menuntut KPK membentuk tim khusus untuk melakukan pemeriksaan kepada Hariyanto. Sikap pamer harta Hariyanto fan keluarga dianggap telah melukai hati masyarakat.

"Kami memohon agar KPK RI kuat dalam menindak kasus S.F. Hariyanto yang diduga sudah tak wajar dan tak layak menjadi pejabat di Provinsi Riau karena melukai perasaan masyarakat di Provinsi Riau," ujarnya.

Sedangkan tuntutan terakhir yang disuarakan massa adalah menuntut Hariyanto untuk mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Riau.

Sekda Riau S F Hariyanto hari ini memenuhi panggilan KPK untuk memberikan klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya.

Hariyanto tiba di Gedung Merah Putih KPK pukul 08.35 WIB. Namun, tidak banyak berkomentar soal kedatangannya dan memilih untuk langsung masuk ke Lobi Gedung Merah Putih KPK. Dia kemudian masuk ruang klarifikasi sekitar pukul 09.08 WIB.

Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto menjadi sorotan warganet setelah mencuatnya video perayaan ulang tahun mewah putrinya di salah satu hotel mewah.

Video mewahnya pesta ulang tahun ke-17 putri Sekda Riau itu diunggah oleh akun Twitter @PartaiSocmed. Istri RF Hariyanto juga menjadi sorotan warganet soal koleksi tas mewahnya dan foto liburannya ke luar negeri.

Hal tersebut mendorong KPK untuk melayangkan undangan klarifikasi LHKPN terhadap yang bersangkutan.sinpo

Komentar: