Pekerja Migran Indonesia

Wapres Tekankan Pekerja Punya Sertifikasi Internasional

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 09 April 2023 | 23:42 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Youtube)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Youtube)

SinPo.id -  

 

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap pekerja migran Indonesia (PMI) mampu meningkatkan kualitas dengan memiliki keterampilan dan keahlian diberbagai bidang dengan memiliki sertifikasi Internasional. Hal itu dinilai penting karena persaingan pasar kerja dunia sekarang semakin ketat.

"Dan mudah-mudahan peningkatan daya saing pekerja kita akan mendorong pertumbuhan pekerja migran pada sektor formal," kata Ma'ruf Amin pada sambutan buka puasa bersama PMI dan diaspora di Singapura secara virtual, Minggu 9 April 2023.

Ma'ruf Amin menegaskan pemerintah terus mengupayakan pemberian layanan dan perlindungan yang lebih baik kepada warga negara Indonesia di luar negeri. Langkah itu, sejalan dengan telah diratifikasinya konvensi internasional perlindungan hak-hak pekerja migran beserta anggota keluarganya.

"Tentu kita semua berharap dan terus berupaya agar ke depannya pelayanan dan perlindungan yang diberikan kepada pekerja migran semakin baik, dan berbagai kekurangan serta persoalan dapat diminimalisasi,” ujar Ma’ruf menambahkan.

Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah juga berkomitmen memberikan perlindungan serta jaminan ketenagakerjaan bagi PMI di luar negeri, sebagaimana diatur Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2007 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

"Dalam kebijakan perlindungan pekerja migran, serta terus memperbaiki pengelolaan pada sektor ketenagakerjaan," katanya.

 sinpo

Komentar: