Mahfud MD Cs Diminta Jelaskan Detail Satgasus Rp349 Triliun

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 11 April 2023 | 13:55 WIB
Arsul Sani/SinPo.id/Parlementaria
Arsul Sani/SinPo.id/Parlementaria

SinPo.id -  Menko Polhukam Mahfud MD diminta menjelaskan detail Satuan Tugas Khusus (Satgasus) yang bertugas menelusuri transaksi keuangan mencurigakan senilai Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Komisi III DPR RI dipastikan mendukung pembentukan Satgasus tersebut.

"Kami di Komisi III akan memberikan dukungan yang diperlukan dalam konteks tugas dan fungsi DPR untuk menindaklanjuti soal ini, dan untuk itulah tentu penjelasan yang lebih mendalam diperlukan di forum rapat Komisi III," kata anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani kepada wartawan, Jakarta, Selasa, 11 Maret 2023.

Komisi III hari ini kembali menjadwalkan rapat kerja dengan Komite Koordinasi Pemberantasan dan Pencegahan TPPU. Agenda rapat untuk membahas transaksi mencurigakan di Kementerian/Lembaga. 

Dalam raker ini, Mahfud selaku Ketua Komite TPPU, Kepala PPATK selaku sekretaris Komite TPPU, dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati selaku anggota Komite Nasional TPPU akan hadir dan kembali memberikan penjelasan atas transaksi mencurigakan Rp349 triliun.

"Satgasus atau tim dengan nama lain, itu  instrumen dalam rangka menindaklanjuti atau follow up terhadap temuan. Kami tentu menyambutnya secara positif," ujarnya.

Arsul menegaskan bagi Komisi III sebagai komisi hukum koordinasi dan tindak lanjut atas persoalan transaksi keuangan mencurigakan itu menjadi poin penting. Apalagi, transaksi mencurigakan itu diduga terdapat tindak pidana asal (TPA) dan TPPU-nya.

"Tidak sekedar menjadi gimmick pemberantasan korupsi dari rumpun kekuasaan eksekutif atau malah menjadi alat untuk kepentingan dan posisi politik dalam rangka Pilpres 2024," tegas Arsul.sinpo

Komentar: