Angkutan Lebaran 2023

PUPR Sediakan 9 ribu Toilet Mobile di Rest Area Jalan Tol

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 11 April 2023 | 13:49 WIB
Toilet mobile di rest area jalan tol (SinPo.id/dok PUPR)
Toilet mobile di rest area jalan tol (SinPo.id/dok PUPR)

SinPo.id -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 9 ribu toilet mobile di rest area jalan tol untuk untuk mendukung kenyamanan mudik Lebaran 2023. Jumlah toilet mobil itu ditambah dari jumlah sebelumnya sebanyak 6.175 toilet.

"Kementerian PUPR juga akan menambah 2.833 mobile toilet dari jumlah eksistingnya 6.175 toilet, sehingga total jumlah mobile toilet, yang disiapkan di jalan tol, ada sekitar 9 ribu unit," kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) PUPR Triono Junoasmono dalam keterangannya, Selasa 11 April 2023.

Triono menjelaskan, Kementerian PUPR juga menyediakan fasilitas tambahan berupa stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di rest area tol di Pulau Jawa.

Di antaranya berada di Km 13 A jalur Jakarta-Merak, sedangkan untuk jalur tol Jakarta-Probolinggo terdapat pada Km 6B, Km 208B, Km 389B, Km 456B, Km 519B, Km 616B, Km 207A, Km 379A, Km 519A, Km 626A, dan Km 695A. Lalu, jalan tol dari arah Jakarta ke Merak.

“Sedangkan dalam usaha peningkatan fasilitas, Kementerian PUPR juga bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyediakan loket pembelian tiket kapal feri penyeberangan di Rest Area Km 43 dan Km 68,” kata Triono menambahkan.

Kementerian PUPR bersama dengan Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan juga pemangku kepentingan terkait, bekerja sama dalam mendukung keamanan dan kenyamanan arus mudik Lebaran 2023. Langkah itu dilakukan dengan intensitas koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik dengan Korlantas Polri, kementerian/lembaga lain, seperti Kementerian Perhubungan, pemerintah daerah dan BUJT dengan melakukan survei bersama untuk memastikan jalan tol yang beroperasi sesuai dan aman digunakan.

"Saat ini, kami masih menyelesaikan beberapa perbaikan dan pelebaran jalan yang akan kami targetkan selesai H-10 Lebaran. Setelahnya, semua peralatan berat akan dikeluarkan, sehingga pengguna jalan bisa langsung menggunakan jalan tersebut," tandasnya.

 sinpo

Komentar: