MUDIK LEBARAN 2023

Persiapan Arus Mudik, Ring Road Sragen Mulai Dibuka Besok

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 12 April 2023 | 08:16 WIB
Ring Road Utara Sragen (SinPo.id/ NTMC Polri)
Ring Road Utara Sragen (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Pembangunan jalan lingkar atau ring road utara Sragen sepanjang 1,85 km, sudah selesai. Jalan tersebut rencananya akan dibuka sementara untuk jalur mudik Lebaran 2023 pada Kamis, 13 April 2023 besok dan kembali ditutup pada H+10 setelah Lebaran.

Selama pekerjaan pembangunan, ring road ditutup mulai dari simpang empat eks Puskesmas Sidoharjo Pungkruk, hingga simpang empat SMPN 6 Sragen.

Dishub dan Satlantas Polres Sragen membuat rekayasa lalu lintas sebagai konsekuensi atas penutupan ring road utara tersebut. Kendaraan berat dialihkan masuk tol, sementara kendaraan ringan bisa masuk jalur dalam kota hingga Beloran belok ke Jl. Dr. Sutomo dan masuk ring road utara.

Sebelumnya, ring road utara yang akan dibangun sepanjang 3,17 km yang terbagi atas sisi barat 1,85 km dan sisi timur 1,32 km. Pembangunan ring road utara itu merupakan bagian dari paket pekerjaan proyek jalan Solo-Gemolong-Purwodadi dengan nilai kontrak Rp97,481 miliar.

Kabid Lalu Lintas Dishub Sragen, Davit Hendrata, mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satlantas terkait rencana pembukaan jalur lingkar utara tersebut.

"Kami akan rembuk dengan Satlantas, rencananya memang dibuka 13 April besok. Rekayasanya menunggu dari Lantas,” kata Davit dikutip dari laman NTMC Polri, Rabu, 12 April 2023.

Kabag Ops Polres Sragen, Kompol Dudi Pramudia, membenarkan ring road utara mulai dibuka pada H-10 sebelum Lebaran. Diharapkan, dengan dibuka ring road utara maka diharapkan lalu lintas kendaraan berat kembali lewat jalan itu, dari arah Solo/Gemolong ke arah Sambungmacan/Ngawi.

"Masuknya kembali kendaraan berat ke ring road utara maka akan mengurangi kepadatan lalu lintas di dalam kota.” kata Dudi.sinpo

Komentar: