POLARISASI PEMILU

Cegah Polarisasi Pemilu 2024, Kapolri Nyatakan Sudah Lakukan Upaya Mitigasi

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 12 April 2023 | 15:37 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Ashar)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan tidak menutup kemungkinan polarisasi dapat terjadi kembali pada Pemilu serentak 2024 mendatang. Dalam hal ini Polri telah melakukan berbagai upaya mitigasi dan pemetaan kerawanan.

Hal itu disampaikan Kapolri saat rapat kerja bersama Komisi III DPR RI di Gedung Nusantara ll Kompleks Parlemen, Rabu, 12 April 2023.

“Bukan tidak mungkin, polarisasi di tengah-tengah masyarakat kembali terjadi akibat permainan politik identitas,” ucap Sigit.

Menurut Sigit, beberapa upaya mitigasi yang telah dilakukan adalah seperti penguatan peran maupun fungsi Bhabinkamtibmas dalam mendeteksi setiap permasalahan di masyarakat sejak dini. Polri juga melakukan penguatan dalam mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan maupun kesatuan bangsa. 

Selain itu, kata Sigit, telah membagi personel Brimob ke dalam tujuh zonasi yang nantinya akan sigap apabila ada situasi kontigensi.

“Pasukan Brimob dibagi ke dalam tujuh zonasi di seluruh wilayah Indonesia yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian, mereka akan saling mem-back up dalam rangka pengamanan pemilu,” katanya.sinpo

Komentar: