Tingkatkan Kinerja Keuangan, BAKN DPR Minta PNM BUMN dapat Disinkronkan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 12 April 2023 | 19:43 WIB
Muhammad Misbakhun/SinPo.id/Parlementaria
Muhammad Misbakhun/SinPo.id/Parlementaria

SinPo.id -  Demi meningkatkan kinerja keuangan dan korporasi, Penyertaan Modal Negara (PNM) sebagai agent of development di tubuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diharapkan dapat disinkronkan, agar tujuan dari BUMN terwujud.

"Inilah tujuan negara. Misalnya bagaimana PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan dengan kualitas baik. Bagaimana BUMN punya model bisnis dan tanggung jawab sosialnya baik," kata Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Mukhamad Misbakhun, Rabu 12 April 2023.

"KAI misalnya dapat tugas mengembangkan kereta api di jalur sumatera. Kemudian penguatan logistik di sumatera, HK menyelesaikan proyek jalan trans sumatera. Ini butuh biaya besar," imbuhnya.

Oleh karena itu, kata Misbakhun, BAKN sebagai alat kelengkapan dewan di DPR RI yang dapat melakukan audit keuangan pemerintah pusat ataupun lembaga, terus memantau persiapan dan program yang dijalankan PT KAI.

"Misalnya periksa efektivitas subsidi, dana alokasi khusus, dan periksa yang lain. Nah, kali ini memeriksa PNM. Inilah yang sedang kami monitoring," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: