Golkar ke PDIP: Terbuka Gabung Koalisi Besar, Tapi Jangan Ingin Menguasai

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 12 April 2023 | 19:36 WIB
Ace Hasan/SinPo.id/Golkar
Ace Hasan/SinPo.id/Golkar

SinPo.id -  Partai Golkar terbuka menerima PDI Perjuangan (PDIP) bergabung Koalisi Besar. Namun, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu diminta mengikitu aturan main Koalisi Besar.

"Prinsipnya kita terbuka, hanya saja kita pastikan bahwa kalau terbuka tentu harus ikut dalam aturan main di koalisi besar," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily  kepada wartawan di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu, 12 April 2023.

Ace mengingatkan partai politik (parpol) lain yang ingin bergabung ke Koalisi Besar untuk memahami jika poros ini ada yang menginisiasi. Golkar tidak ingin nantinya parpol yang ingin bergabung itu mencoba menguasai Koalisi Besar.

"Ya makanya yang terpenting adalah membangun sebuah pemahaman yang sama dan harus dipahami bahwa koalisi ini ada yang menginisasi. Jangan sampai nanti misalnya koalisi sudah dibangun tapi belakangan ingin menguasai. Tentu itu yang harus dihindari," kata dia.

Ace mengatakan Golkar tidak akan meninggalkan partai-partai tergabung dalam KIB dan KIR. Sebab, partai dalam koalisi-koalisi itu sejak awal inisiasi Koalisi Besar.

"Ya kita kan juga ga bisa meninggalkan partai-partai yang lain yang sudah bersama dengan kita dari sejak awal. Kan ada PAN, PPP, ya kan. Kalau di KIR nya kan ada PKB kan enggak bisa ditinggal," tegas dia.

PDIP sendiri mengamini pihaknya terbuka bergabung dengan Koalisi Besar. Komunikasi politik PDIP dengan parpol yang ingin menginisiasi Koalisi Besar terus berjalan.sinpo

Komentar: