TERDUGA TERORIS DI LAMPUNG

Terduga Teroris di Lampung Pernah Sembunyikan Pelaku Bom Bali l dan Bom Poso

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 13 April 2023 | 16:11 WIB
Ilustrasi Densus 88 (Pixabay)
Ilustrasi Densus 88 (Pixabay)

SinPo.id - Juru Bicara Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menyebut bahwa teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang digerebek di Lampung, pernah menyembunyikan pelaku bom Bali l dan teror bom Poso. Kelompok ini membantu memfasilitasi dan menyembunyikan tersangka bom Bali l Zulkarnaen dan perakit bom Poso Taufik Bulaga alias Upi Lawanga.

"Kelompok yang kita bongkar sekarang ini merupakan kelompok yang menyembunyikan dari Zulkarnaen dan Upi Lawanga,” ujar Aswin di Mabes Polri, Kamis, 13 April 2023.

Lebih jauh, Aswin mengungkapkan jika salah satu terduga teroris yang meninggal dalam penggerebekan Densus 88 di Lampung, telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 2016, yakni NG alias BA.

NG alias BA, kata Aswin, merupakan pentolan kelompok jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang menyembunyikan pelaku bom Bali l dan ll, serta Upi Lawanga profesor perakit bom.

“Tempat yang dipilih di Lampung. Mereka di sana difasilitasi oleh NG alias BA ini untuk bersembunyi dan melarikan diri,” tuturnya.

Sebelumnya, penggerebekan teroris yang terjadi di Lampung diwarnai baku tembak. Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri pun berjibaku melumpuhkan para pelaku di lokasi penangkapan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta membenarkan terjadinya peristiwa tersebut.

"Iya benar (penggerebekan kelompok teroris di Lampung)," kata Ramadhan, Kamis, 13 April 2023.sinpo

Komentar: