Elektabilitas Turun, Ini Arahan Megawati untuk Legislator PDIP

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 14 April 2023 | 11:56 WIB
Legislator PDIP, Aria Bima/SinPo.id/DPR
Legislator PDIP, Aria Bima/SinPo.id/DPR

SinPo.id -  Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Aria Bima menungkap isi pertemuan kader dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai, di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Salah satunya, arahan bagi para kader untuk Pilpres 2024.

"Ibu menegaskan semua yang menyangkut capres-capresan adalah urusan ketua umum," kata Aria Bima kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 13 April 2023.

Politikus asal Jawa Tengah itu menyebut Megawati juga masih enggan menyebutkan nama capres yang akan diusung PDIP di Pilpres 2024.

"Masih belum menyebutkan nama, karena itu semua mengenai capres cawapres, orang dan timing-nya adalah kewenangan penuh ibu ketua umum, Insyaallah secepatnya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, kata Aria Bima, Megawati juga membahas soal turunnya elektabilitas PDIP gegara menolak gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Karena itu, Megawati mengimbau kepada seluruh kader untuk bisa menjelaskan ke masyarakat alasan PDIP menolak Israel dalam perhelatan sepak bola tersebut.

"Yang jelas ada kontraksi akibat penolakan Israel U-20 itu kan banyak yang lembaga survei mengatakan elektabilitas PDIP kan turun," ujarnya.

Selain itu, Aria Bima menjelaskan penolakan PDIP terhadap kehadiran Israel merupakan bagian dari sikap Indonesia menolak penjajahan di dunia. 

"Mari kita bicarakan di DPR, posisi Israel seperti apa karena Israel hadir di beberapa event kok hanya sepak bola ditolak," tegas dia.sinpo

Komentar: