MUDIK LEBARAN 2023

Puncak Mudik, Polri akan Berlakukan One Way di Tol Cikampek hingga Kalikangkung

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 14 April 2023 | 21:52 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho (SinPo.id/ Humas Polri)
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Polri mengimplementasikan komitmen untuk menjadikan mudik lebaran tahun ini agar nyaman, aman dan berkesan. Salah satunya dengan lancarnya lalu lintas dalam perjalanan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan dalam mengatur agar perjalanan lancar, Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas, di  antaranya one way atau sistem satu arah di KM 72 (Cikampek)-KM 414 (GT Kalikangkung).

“Polri telah merancang strategi arus mudik Lebaran, salah satunya adalah menerapkan rekayasa lalu lintas di tol Trans Jawa. One Way akan diterapkan sepanjang 342 kilometer, mulai KM 72 hingga KM 414,” tutur Sandi dikutip dari laman Humas Polri, Jumat, 14 April 2023.

Menurut Sandi, penerapam itu berdasarkan hasil evaluasi pada mudik lebaram tahun 2022. Polri bersama stakeholder terkait telah melakukan perencanaan tersebut.

“Pengecekan jalur lebih awal dengan pengecekan rest area, jalan tol, pelabuhan, yang semuanya sudah kita cek bersama. Polri bersama Kemenhub dan Jasa Marga, untuk pelabuhan bakahueni sudah dibagi menjadi dua jalur,” ungkapnya.

Sandi menyatakan Operasi Ketupat dilakukan secara serentak dengan aparat gabungan didalamnya. Ia mengimbau agar masyarakat tidak membawa kendaraan roda dua karena berpeluang besar terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita memberikan solusi yaitu mudik gratis menggunakan bus, dari TNI juga menyediakan Kapal perangnya. Selain itu, operasi ketupat ini bukan hanya mengatur lalulintas saja, tapi juga tempat wisata, tempat ibadah dan lain-lain,” katanya.sinpo

Komentar: