KEMACETAN JAKARTA

Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya Uji Coba Lalin Urai Kemacetan di Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 14 April 2023 | 22:09 WIB
Uji coba lalin di lampu merah Santa, Jaksel (SinPo.id/ PPID DKI)
Uji coba lalin di lampu merah Santa, Jaksel (SinPo.id/ PPID DKI)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya lakukan uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) kawasan pertigaan lampu merah Santa, Jakarta Selatan. Uji coba dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Ibu Kota.

"Di sini (dilakukan rekayasa) secara bertahap, (semoga) bisa mengurai kemacetan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam keterangannya, Jumat 14 April 2023.

Heru menjelaskan, setelah dilakukan uji coba lalu lintas, jarak yang ditempuh dari arah Jalan Wijaya ke Jalan Wolter Monginsidi melewati simpang lampu merah Santa hanya memakan waktu satu jam.

Padahal, lanjut Heru, berdasarkan laporan Dirlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI, biasanya jarak yang ditempuh untuk melewati rute tersebut memakan waktu selama dua jam. 

"Tapi tadi pas kita hitung (durasi) lampu merahnya, mereka bisa mengurangi jarak tempuh dengan rekayasa yang kita lakukan," ujarnya.

Heru mengatakan, setelah rangkaian uji coba tersebut, pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, terkait potensi penerapan rekayasa lalu lintas di kawasan lainnya.

"Saya sudah melaporkan kepada Kapolda Metro Jaya agar melakukan peninjauan di berbagai kawasan yang sering menjadi titik kepadatan lalin. Rekayasa lalin bisa saja diterapkan di lokasi lainnya," ungkap Heru.

Mantan Walikota Jakarta Utara itu meminta Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto untuk memberikan arahan kepada setiap Polres, untuk mencari berbagai titik kemacetan agar dicarikan solusinya.

"Di sini (akan dilakukan rekayasa) secara bertahap, (semoga) bisa mengurai kemacetan. Kita berharap setiap Polres di Jakarta bisa melihat potensi kepadatan seperti ini (pertigaan lampu merah Santa), walaupun jalan searah, tapi nanti muternya tidak kejauhan," tandasnya.sinpo

Komentar: