MEDIA PENGAWAL DEMOKRASI

PKS Sebut Media Punya Andil Besar Mengawal Demokrasi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 15 April 2023 | 21:16 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini (SinPo.id/ Parlementaria)
Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini menyebut media memiliki andil besar dalam mengawal demokrasi di Tanah Air. Salah satunya, dengan menyajikan pemberitaan yang faktual, akurat, dan objektif kepada publik.

"Sebentar lagi kita melaksanakan pesta demokrasi. Wartawan harus menjadi benteng demokrasi dengan menyajikan berita-berita yang benar, akurat dan objektif," kata Jazuli dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 15 April 2023.

Ketua Fraksi PKS DPR RI ini mengatakan pihaknya akan terus menjalin silaturahim dengan wartawan sebagai bentuk penghargaan dan dedikasi insan pers dalam memberitakan kinerja dan perjuangan PKS di Parlemen.

Pada kesempatan yang sama, Presiden PKS Ahmad Syaikhu turut memberikan apresiasi atas peran media dan wartawan yang turut memberitakan kinerja PKS. Menurut dia, PKS tidak bisa sendirian dalam menyuarakan kepentingan rakyat.

Banyak kritik bahkan penolakan PKS terhadap produk legislasi dan kebijakan pemerintah yang didasarkan pada alasan yang rasional objektif. Itu semua disuarakan media.

"Masyarakat luas bisa mendapat informasi tentang perjuangan PKS tersebut melalui pemberitaan media. Bahkan dalam sejumlah isu perjuangan PKS mendapat dukungan luas dari publik karena peran media seperti penolakan PKS terhadap RUU Haluan Ideologi Pancasila yang akhirnya dibatalkan," ujarnya.

Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri yang turut hadir juga memberikan pesan ramadan. Dia menilai ramadan akan mencetak pribadi yang kokoh dalam keimanan dan kesalehan sosial.

"Ramadan ini luar biasa dengan berbagai keutamaan termasuk malam lailatul qadar. Memotivasi hamba untuk berempati, berbagi kepada yatim dan duafa, serta bermanfaat bagi sesama laksana pohon yang tidak memakan buahnya sendiri dan lautan yang tidak memakan ikannya sendiri. Sebaliknya bermanfaat bagi umat manusia," kata dia.sinpo

Komentar: