Prajurit TNI Gugur di Papua, AHY: Semoga Mati Syahid

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 16 April 2023 | 23:07 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/SinPo.id
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/SinPo.id

SinPo.id -  Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau yang akrab disapa AHY, meminta agar negara bertanggung jawab atas gugurnya prajurit TNI di Papua akibat serangan Kelompok Teroris Separatis Papua (KTSP).

Pasalnya, meninggalnya enam prajurit dan hilangnya puluhan prajurit lain bukanlah yang pertama kali terjadi. Bahkan warga negara asing (WNA) juga menjadi korban dari serangan KTSP.

"Ini bukan kali pertama kita mendengar baik warga sipil, aparat keamanan hingga WNA menjadi korban KTSP. Tetapi seolah kita abai terhadap kondisi di Papua. Mana janji yang diberikan Pemerintah untuk menghadirkan kedamaian?" Kata AHY, Minggu 16 April 2023.

Menurutnya, penyelesaian persoalan di Papua harus dilakukan dengan tangan dingin, dan pendekatan keamanan juga harus dijalankan dengan efektif. Tetapi kunci hadirnya kedamaian adalah melalui pendekatan keadilan dan kesejahteraan.

Lebih lanjut, AHY meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung TNI atau Polri dalam melakukan misi pencarian terhadap prajurit yang hilang, serta turut mendoakan korban yang gugur dalam tugas.

"Kita doakan semoga korban yang meninggal dunia, diterima di sisi Allah SWT. Ini bulan suci Ramadan, semoga mati syahid. Al Fatihah," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: