H-6 Lebaran: 23.600 Penumpang Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 16 April 2023 | 22:21 WIB
Suasana di Stasiun Pasar Senen/SinPo.id
Suasana di Stasiun Pasar Senen/SinPo.id

SinPo.id -  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen telah mencapai 23.600 orang memasuki H-6 Lebaran 2023.

"Hari ini volume pengguna jasa yang berangkat sekitar 23.600 penumpang. Terdapat 32 rangkaian kereta api yang diberangkatkan dari Stasiun Senen," kata Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta dalam keterangannya, Minggu 16 April 2023.

Eva menjelaskan, para pengguna jasa kereta api mayoritas memesan tiket keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 sampai H+2 Lebaran. 

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit seperti Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

"Dari 17 hingga 23 April tingkat okupansi volume penumpang diperkirakan bisa mencapai 100 persen. Volume penumpang berangkat tertinggi diprediksi pada 21 April 2023," tambahnya.

Menurut Eva, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan orang di dalam stasiun, pihaknya telah menambah sejumlah fasilitas seperti kursi tunggu dan area bermain anak. Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah di stasiun juga telah diperbaharui. 

Selain itu, pihaknya juga melakukan penambahan petugas pelayanan dan pengamanan untuk memastikan angkutan Lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Terkait parkir kami juga telah melakukan pengaturan yang bekerja sama dengan KAI Service dengan menambah jumlah petugas parkir untuk melakukan pengaturan," ujarnya.

Eva juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan vaksin terbaru yang berlaku saat ini. Khususnya perubahan aturan vaksin pada anak usia enam sampai dengan 12 tahun.

"Selain itu, kami juga mengimbau para pengguna jasa layanan KAI agar datang lebih awal ke stasiun minimal satu jam sebelum keberangkatan," tandasnya.
sinpo

Komentar: