Cegah Calo, Masyarakat Diimbau Beli Tiket Mudik secara Daring

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 18 April 2023 | 11:09 WIB
Suasana mudik di Stasiun Pasar Senen/SinPo.id
Suasana mudik di Stasiun Pasar Senen/SinPo.id

SinPo.id -  Wakapolres Metro Jakarta Selatan, AKBP Harun mengimbau masyarakat yang melakukan mudik lebaran 2023 agar melakukan pembelian tiket secara daring. Hal ini penting untuk mencegah antrean dan praktik percaloan di lokasi pemberangkatan.

"Semua tiket sekarang sudah tersedia secara online. Saya pikir ini bukan barang baru lagi bagi masyarakat. Namun mengingat sekarang sedang arus mudik, dan kepadatan lalu-lintas meningkat, maka masyarakat diimbau lagi untuk membeli tiket mudik secara online saja," ungkap Harun di Polres Jakarta Selatan pada Senin, 17 April 2023 malam.

Harun menuturkan, masyarakat yang membeli tiket langsung ke lokasi stasiun atau terminal berisiko tidak mendapatkan tiket sesuai waktu keberangkatan yang diinginkan, karena ada potensi kemacetan saat perjalanan dari rumah menuju terminal atau stasiun.

"Walaupun sebelumnya pemerintah sudah memberlakukan mudik gratis, lanjut Harun kuota mudik yang ada belum mengakomodasi seluruh pemudik. Karena itu perlu adanya kesadaran dan kerja sama masyarakat agar membeli tiket secara online," kata Harun.

Lebih lanjut, Harun juga mengimbau pemudik agar mencari tempat pembelian tiket online yang kredibel dan menghindari calo. Misalnya untuk tiket kereta, bisa langsung didapatkan di aplikasi KAI, atau untuk bus di aplikasi resmi yang sudah terjamin keasliannya.

"Untuk masalah yang dihadapi ketika membeli tiket secara online, saya pikir ruang-ruang pengaduan yang disediakan penyedia tiket sangatlah luas dan bisa diakses. Setiap stasiun dan terminal juga menyediakan pos pelayanan bagi para penumpangnya. Bisa diadukan ke situ keluhannya," ungkap Harun.

Sebelumnya, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa pernah menyampaikan bahwa masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS.

Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.sinpo

Komentar: