Kritik UU Larangan Bicara Soal LGBT, Disney dapat Ancaman dari Gubernur Florida

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 18 April 2023 | 18:25 WIB
Walt Disney World Resort, Florida. (SinPo.id/Walt Disney)
Walt Disney World Resort, Florida. (SinPo.id/Walt Disney)

SinPo.id - Gubernur Florida, Ron DeSantis, telah melontarkan gagasan untuk membangun penjara di dekat taman hiburan Disney di Florida, sebagai ancaman karena perusahaan raksasa tersebut, mengkritik undang-undang (UU) yang membatasi pendidikan gender dan seksualitas.

Peraturan yang disebut oleh para kritikus sebagai UU "Don't Say Gay" tersebut, berisi tentang larangan bagi para guru untuk mendiskusikan topik lebsbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT), seperti orientasi seksual atau identitas gender, pada siswa TK maupun SD.

Partai Republik sendiri memang telah berselisih dengan Disney sejak tahun lalu, ketika perusahaan tersebut mengkritik undang-undang Florida yang membatasi pendidikan gender dan seksualitas. Perseteruan keduanya bahkan telah menarik perhatian nasional.

DeSantis bahkan berencana membuat taman hiburan lain di distrik khusus seperti Disney, atau di atas lahan yang tidak dimiliki Disney. Gagasan tersebut tentunya menjadi pilihan selain gagasan untuk membangun penjara.

"Siapa tahu? Saya hanya berpikir kemungkinannya tidak terbatas," kata DeSantis, dilansir dari BBC, Selasa 18 April 2023.

Sebelumnya, CEO Disney Bob Iger mengatakan bahwa perusahaannya memiliki hak untuk mengambil sikap publik dan menggambarkan posisi DeSantis sebagai "anti-bisnis" dan "anti-Florida". Dia juga menuduh gubernur berusaha menghukum perusahaan karena menjalankan hak konstitusionalnya.sinpo

Komentar: