mudik lebaran 2023

Kapolri Perkirakan Terjadi Lonjakan Kendaraan Arus Mudik Lebaran 2023 Malam Ini

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 18 April 2023 | 18:02 WIB
Ilustrasi. Suasana di rest area KM57 tol Jakarta-Cikampek/SinPo.id
Ilustrasi. Suasana di rest area KM57 tol Jakarta-Cikampek/SinPo.id

SinPo.id - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperkirakan lonjakan jumlah kendaraan di arus mudik jelang Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 terjadi pada Selasa, 18 April 2023 malam ini. Pasalnya, para pekerja mulai menjalani cuti bersama pada Rabu, 19 April 2023 besok.

"Karena memang hari ini hari terakhir orang masuk kerja ada kemungkinan nanti malam eskalasinya akan terlihat ada lonjakan," ujar Sigit pada Selasa, 18 April 2023.

Sigit menerangkan, lonjakan arus mudik pada Selasa, 18 April 2023 tercatat sudah mengalami kenaikan 30 persen dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Dia menyebut, lonjakan terjadi pada arus mudik ke sejumlah provinsi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, hinngga Jawa Timur.

"Hari ini kurang lebih meningkat 30 persen, per tadi pagi, untuk yang kearah timur," tuturnya.

Sigit pun mengaku bersama jajaranya sudah mempersiapkan langkah-langkah guna mengantisipasi berbagai situasi dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2023 ini. Salah satunya, menerapkan jalur sistem contraflow di ruas jalan tol hingga rekayasa lalu lintas lainnya.

"Pada saat kita melaksanakan rekayasa mulai dari contraflow nanti di satu sisi kemudian juga tidak membuat jalur lain yang berada di arteri tidak terlalu terganggu karena ada kegiatan rekayasa," katanya.

"Karena biasanya tol lancar begitu masuk kota tujuan di situ ada hambatan sehingga ini semua bagian dari yang harus kita perbaiki," tambah Sigit.sinpo

Komentar: