TEROR KKB DI PAPUA

Status Operasi di Nduga Papua Meningkat Jadi Siaga Tempur

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 20 April 2023 | 02:30 WIB
Ilustrasi KKB Papua/Net
Ilustrasi KKB Papua/Net

SinPo.id -  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meningkatkan status operasi di Nduga, Papua Pegunungan menjadi siaga tempur. Peningkatan siaga tempur dilakukan hanya di daerah-daerah rawan, daerah yang ditandai sebagai pusat-pusat operasi. 

"Hal ini dilakukan mengingat agresifitas KST makin tidak terkendali. Testimoni perilaku KST disampaikan langsung prajurit yang selamat," tutur Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda TNI Julius Widjojono kepada wartawan, Rabu 19 April 2023. 

Upaya peningkatan status itu 
dilakukan setelah serangan kelompok separatis teroris (KST) yang menyebabkan 1 prajurit gugur, 4 luka dan 4 hilang. Kendati berstatus siaga tempur di daerah operasi KKB, lanjut Julius, kekuatan alutsista dan persenjataan TNI tak berubah. 

"Adapun secara fisik kekuatan alutsista dan persenjataan tidak ada perubahan," ucapnya.

Menurut Julius, peningkatan status operasi dilakukan karena agresivitas KST yang semakin tidak terkendali. Dia menyebut sadisnya perilaku separatis disampaikan langsung prajurit yang selamat.

"Kisah lain dari pengakuan prajurit terdepan dihadapkan dengan taktik tempur mereka, dengan menggunakan ibu-ibu dan anak-anak untuk tameng dan merebut senjata TNI," imbuhnya.

TNI Commander Admiral Yudo Margonosinpo

Komentar: