LEBARAN 2023

Komisi XI DPR: Mudik Lebaran Bangkitkan Perekonomian Daerah

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 20 April 2023 | 02:55 WIB
Ilustrasi UMKM (SinPo.id/dok)
Ilustrasi UMKM (SinPo.id/dok)

SinPo.id -  Anggota Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir mengatakan aktivitas mudik Lebaran berdampak positif bagi 
pertumbuhan ekonomi daerah. Menurut dia, arus mudik dapat meningkatkan belanja masyarakat dan konsumsi rumah tangga.  

“Para pemudik tentu akan membeli barang sepanjang perjalanan mudik seperti di rest area atau toko untuk membawa oleh-oleh. Dengan bergeraknya UMKM daerah, otomatis ekonomi daerah juga ikut bangkit,” ujar Hafisz dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, Selasa 18 April 2023.

Menurutnya, tak hanya sekadar memindahkan orang namun mudik juga berpotensi membawa uang dari pusat ekonomi seperti Jakarta ke daerah-daerah lain yang menjadi tujuan. 

“Arus mudik sudah tentu mendorong permintaan mulai dari bisnis jasa transportasi, pakaian jadi, makanan minuman, perhotelan hingga telekomunikasi. Terlebih ada pembayaran THR penuh bagi pegawai swasta bisa memacu pertumbuhan konsumsi rumah tangga cukup tinggi,” kata legislator Dapil Sumatera Selatan I itu.

Menutup pernyataannya, terkait mobilitas penduduk yang terjadi pada masa mudik dan arus balik, Hafisz pun sempat menyinggung potensi munculnya urbanisasi yang seringkali terjadi. Pergerakan masyarakat ini kerap terjadi pasca mudik atau setelah hari raya.sinpo

Komentar: