IDULFITRI 1444 H

Soal Beda Hari Lebaran, Menag: Umat Harus Junjung Toleransi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 20 April 2023 | 20:10 WIB
Sidang Isbat penentuan Idulfitri 1444 H (SinPo.id/ Andi Muhammad)
Sidang Isbat penentuan Idulfitri 1444 H (SinPo.id/ Andi Muhammad)

SinPo.id - Pemerintah mengumumkan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Perbedaan penetapan Lebaran 2023 ini diharap tak jadi jurang bagi umat islam.

"Jika pada hari ini atau mungkin di hari-hari besok ada perbedaan dalam pelaksanaan Idulfitri, kami berharap bahwa kita tidak menonjolkan perbedaan," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta Pusat, pada Kamis, 20 April 2023.

Yaqut mengimbau masyarakat tak menonjolkan perbedaan. Dia ingin seluruh umat menjunjung toleransi.

"Tapi kita mencari titik temu dari persamaan-persamaan yang mungkin kita miliki. Kita harus memberikan toleransi, kita toleransi," ucap Yaqut.

Terpenting dari itu semua, Yaqut meminta masyarakat memiliki sikap saling menghargai. "Kita harus saling menghargai dan saling bertoleransi satu dengan yang lain," kata dia.

Sebelumnya, penetapan hari raya Idul Fitri 2023 jatuh pada 22 April 2023 dikeluarkan berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar 

Kemenag di kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sidang isbat dipimpin oleh Menag Yaqut. Sidang isbat juga dihadiri oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, hingga ormas Islam.

 sinpo

Komentar: