idul fitri 1444 hijriah

Wapres Ma'ruf Salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta, Baru Mudik ke Banten

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 21 April 2023 | 05:32 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin (SinPo.id/Dok. Wapres RI)
Wakil Presiden Ma’ruf Amin (SinPo.id/Dok. Wapres RI)

SinPo.id - Wakil Presiden Wapres) Ma'ruf Amin akan mudik ke kampung halamannya, Tanara, Banten, usai melaksanakan salat Idul Fitri (Id) di Masjid Istiqlal Jakarta pada Sabtu, 22 April 2023.

"Jadi, Wapres akan salat Id di Masjid Istiqlal. Setelah dari Istiqlal, Wapres kembali ke rumah dinas sampai siang, selanjutnya Wapres akan ke Tanara selama 2 hari," kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya di Jakarta pada Kamis, 20 April 2023.

Pemerintah melalui Kementerian Agama sudah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah padaSabtu, 22 April 2023. Penetapan Idul Fitri 1444 Hijriah ini berdasarkan keputusan sidang isbat di Gedung Kemenag pada Kamis, 20 April 2023.

"Setelah itu, Wapres akan ke Cimanggis, ke rumah Ibu Wury, Ibu Wapres sampai 25 April, lalu 25 April sore kembali ke rumah dinas lagi dan pada tanggal 26 April sudah aktif (bekerja) seperti biasa," tambah Masduki.

Meski tidak melakukan gelar griya (open house), Masduki menyebut Ma'ruf tetap menerima pejabat negara atau masyarakat yang bersilaturahmi pada Idul Fitri.

"Pasti diterimalah oleh Wapres, apakah akan datang di rumah dinas sebelum berangkat ke Tanara atau datang ke Tanara atau Cimanggis pasti akan diterima. Wapres itu kiai, selama di Tanara pasti menerima banyak tamu dari warga dan ulama setempat (untuk) bersilaturahmi," jelas Masduki.

Saat melakukan kegiatan selama perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah, perangkat yang melekat pada Ma'ruf juga terbatas.

"Sama seperti Pak Jokowi, sama saja, hanya Paspamres saja yang melekat pada Wapres, ya, terbatas, intinya sama," tambah Masduki.

Diketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi akan merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Surakarta, Jawa Tengah, bersama istri, anak, menantu, dan para cucu. Saat ini Presiden Jokowi sudah berada di Kota Surakarta dan bakal melaksanakan salat Id di Masjid Raya Sheikh Zayed.sinpo

Komentar: