idul fitri 1444 hijriah

Lebaran Terakhir Sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Pamit

Laporan: Martahan Sohuturon
Sabtu, 22 April 2023 | 20:56 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (SinPo.id/Jabarprov)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (SinPo.id/Jabarprov)

SinPo.id - Hari Raya Idul Fitri 1444 Hirjiah menjadi perayaan terakhir Ridwan sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar). Ia bersama wakilnya, Uu Ruzhaul Ulum, akan mengakhiri masa jabatannya pada 5 September 2023. Dalam momen salat Id tersebut ia sekaligus pamit.

“Saya bersama Pak Uu pamit, ini mungkin Lebaran terakhir bersama. Tahun depan kami tidak tahu takdirnya seperti apa,” kata sosok yang akrab disapa Emil itu dalam keterangannya pada Sabtu, 22 April 2023.

Ia menyampaikan bahwa di masa kepemimpinannya Jabar telah mendapatkan 510 penghargaan. Emil berharap masyarakat menerima capaian tersebut dan meminta maaf bila masih terdapat kekurangan dalam lima tahun memimpin Jabar.

“Mohon maaf bila masih ada kekurangan. Mudah-mudahan warga Jabar bisa menerima plus minusnya apa yang sudah kami dedikasikan," kata dia. 

Eks Wali Kota Bandung ini mengaku, Lebaran 2023 berbeda.

“Secara pribadi Lebaran tahun ini saya sedikit terharu karena ini Lebaran pertama tanpa almarhum anak kami, Eril," kata dia.

Emil melanjutkan, perayaan Idul Fitri dan mudik di Jawa Barat secara umum berjalan lancar. Kendati masyarakat merayakan Idul Fitri dalam dua hari yang berbeda, namun pelaksanaannya berjalan lancar.

“Terjadi dua Lebaran saya rasa tidak masalah, yang di hari Jumat saya pantau juga lancar dan sekarang mayoritas di hari Sabtu pun lancar,” kata dia.

Emil juga mengatakan, untuk arus mudik sendiri mengalami peningkatan hampir dua kalinya. Namun arus mudik berjalan relatif lancar dengan dukung tiga ruas tol baru yakni Cisumdawu, Bocimi, dan Japek 2. “Jadi tahun ini walaupun pemudik naik 44 persen dari 80 juta ke 120 juta tapi saya pantau di seluruh Jabar relatif lancar. Mari kita syukuri," ujar Emil.

Ia mengucapkan terima kasih pada petugas yang berjaga menjaga kelancaran arus mudik dan pelaksanaan Idul Fitri.

”Terima kasih kepada para petugas yang tidak berlebaran, tapi menjaga mudik dengan lancar di setiap pos dengan tugas masing-masing," kata dia.sinpo

Komentar: