Gempa bumi guncang mentawai

Gempa M 6,9 di Mentawai Sebabkan Tsunami 11 Cm di Nias Selatan

Laporan: Sinpo
Selasa, 25 April 2023 | 06:07 WIB
Ilustrasi/SinPo.id/Pixabay
Ilustrasi/SinPo.id/Pixabay

SinPo.id - Gempa bermagnitudo 6,9 terjadi di Mentawai, Sumatera Barat. Data gempa ini sudah diperbaharui dari sebelumnya magnitudo 7,3. BMKG melaporkan terjadi tsunami akibat dari gempa ini. Tsunami teramati setinggi 11 sentimeter (cm) di Nias Selatan, Sumatera Utara.

"Tsunami teramati 11 Cm, dari data tide gauge Stasiun Tanah Bala Nias Selatan," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono  dikutip Antara pada Selasa, 25 April 2023.

Daryono mengungkapkan bahwa gempa Mentawai merupakan megathrust event. Gempa ini turut dirasakan di Siberut, Mentawai, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Padang Gunung Sitoli, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Solok, Bukittinggi, Padang Sidempuan, Labuhan Batu.

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk Sumut pada pukul 03.00 WIB. Episentrum gempa berada di 0,93 Lintang Selatan, 98,39 Bujur Timur, 177 Km Barat Laut Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 84 km.

BMKG mengimbau waspada untuk wilayah Pulau Tanabala, Kabupaten Nias Selatan. Waktu tiba gelombang dapat berbeda. 

Beberapa saat kemudian, BMKG mengakhiri peringatan dini tsunami dampak gempa magnitudo (M) 6,9 di Mentawai. BMKG menegaskan peringatan dini tsunami bukan dicabut, namun berakhir.

"Peringatan dini tsunami gempa M 6,9 di Mentawai-Siberut diakhiri bukan dicabut," kata Daryono.sinpo

Komentar: